Kerajinan Alat Panahan Di Ponorogo

0 221

Kerajinan Alat Panahan Di Ponorogo

Memiliki bekal sebagai perajin benda seni, Mahmud warga Desa Singkil, Kecamatan Balong, Ponorogo, memilih menjadi perajin busur panah selama enam bulan terakhir. Awalnya, ia dulu memiliki usaha mebel namun karena banyak saingan dan jarang laku, ia memilih banting stir dan mencoba menekuni pembuatan busur panah. Tak disangka justru pintu rejeki terbuka dari penjualan busur panah buatannya ini.

“Sementara ini lebih menguntungkan daripada usaha mebel yang lalu, selain itu ini juga termasuk olahraga yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Mahmud mengaku, awalnya ia sempat mengalami kesulitan saat memproduksi busur panah lengkap dengan anak panah dan bidikan target, bahkan untuk membuat satu anak panah saja dulu Mahmud sempat kewalahan.

Kesulitan lain pun datang, saat membuat busur panah dari kayu meski berhasil dalam wujud busur panah namun saat dicoba untuk bermain panahan, busur buatannya lentur dan lajunya tidak terarah. Ia kemudian beralih ke bahan lain, paralon, namun sayang masih saja kendala yang sama terjadi.

“Akhirnya, kami menggunakan fiber dari Semarang, dari situ busur panah kami lajunya lebih terarah dan kuat,” cakapnya.

Beruntung, kini kesulitan tersebut berhasil ia lalui. Saat memproduksi busur panah, Mahmud dibantu salah satu saudaranya, Yudi. Ia memasarkan busur panah miliknya melalui internet. Pesanan pun banyak yang datang, mulai dari Kalimantan, Batam dan Riau. Nama yang dipilih sebagai merk busur buatannya cukup unik: Boerytans atau yang dibaca Buritans ini berasal dari Bahasa Jawa. Artinya di belakang rumah. Karena proses pembuatannya di halaman belakang rumah.

Untuk satu set yang terdiri dari satu busur panah, dua anak panah dan satu target berbahan dasar kayu Sono dijual dengan harga Rp750 ribu sedangkan yang dari bahan paralon dijual dengan harga Rp350 ribu.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/04/usaha-mebel-gulung-tikar-mahmud-pilih-jadi-perajin-busur-panah.html
Comments
Loading...