Kerajinan Alat Panahan Di Sukabumi

0 238

Kerajinan Alat Panahan Di Sukabumi

Melesat kencang menuju titik tujuan. Itulah panahan. Siapa sangka alat panahan yang kini ramai dan menjadi tren di kalangan remaja serta kerap kali di jadikan turnamen dan permainan ini produksinya berada di Kota Sukabumi. Tepatnya di Jalan Pramuka, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Proses pembuatannya tidak mudah loh, ada hal-hal yang meski di lakukan. Seperti pemilihan bahan baku yang menjadi salah satu bahan pokok dalam pembuatan panah ini, selanjutnya bahan yang digunakan merupakan bahan termo plastik yang kemudian dibentuk dengan menggunakan alat yang sederhana.

Selain termo plastik, kayu yang dijadikan ruser atau hendel bagi panahan tersebut kemudian dipola dan dihaluskan. Setelah semua selesai langsung dimasukan ke dalam proses pengecatan selanjutnya keduanya distel dan diberi string atau tali.

Disebutkan oleh pengelola panahan, Aris Sanjaya, untuk pemasaran dilakukan dengan dua metode. Pertama pemasaran offl ine dan pemasaran online. Adapun kalau offline bisa datang langsung kelokasi.

“Kita juga membuka tokotoko di kota-kota besar ataupun di kota-kota yang sudah kita tentukan. Alhamdulilah selama ini ada enam kota besar yang sudah kita buka tokonya. Untuk online kita sudah menyebar ke seluruh nusantara sampai ke Papua pun kita sudah sampai,” aku Aris.

Menurutnya, dalam sebulan, alvo archery ini mampu mengeluarkan seribu panah. Omzet yang didapatnya pun hingga mencapai lima ratus juta rupiah. Untuk satu set panahan di jual dari harga Rp300 ribu sampai dengan harga Rp800 ribu.

Source http://jabar.pojoksatu.id http://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2017/09/20/wow-omzet-pengrajin-panahan-di-kota-sukabumi-tembus-rp-500-juta/
Comments
Loading...