Kerajinan Alat Peraga Edukatif Di Desa Kunden

0 213

Kerajinan Alat Peraga Edukatif Di Desa Kunden

Di pasaran, banyak beredar beragam jenis mainan, mulai dari yang paling sederhana hingga memakai teknologi canggih. Namun pilihan jenis mainan yang saat ini sedang tren adalah alat peraga edukatif (APE). Jenis mainan anak ini memiliki banyak manfaat, terutama melatih sensor motorik pada anak, pengenalan warna, huruf, angka sehingga mampu meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak.

Salah satu tempat yang menjadi pusat produksi APE tersebut terletak di Dusun Kunden, Desa Jetis Wetan, Kecamatan Pedan, Klaten. Di dusun tersebut, diperkirakan lebih dari 70 persen warga menggantungkan hidupnya pada kerajinan APE. Di sepanjang jalan di sekitar desa itu, berjajar toko yang menjajakan APE.

Salah satu produsen APE, Sugiharto, mengatakan peluang bisnis mainan anak ini masih sangat terbuka lebar. Dari tahun ke tahun, permintaan APE tidak pernah surut, malah terus meningkat. Terus bertambahnya jumlah lembaga pendidikan anak di bawah lima tahun, seperti pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) ikut menyumbang pada bertambahnya permintaan APE. Selain itu, perkembangan teknologi dan informasi di lingkungan masyarakat turut mendongkrak penjualan.

Dia meyakini bisnis APE diyakini tidak akan pernah surut. “Bahkan saat Krismon 1998 dulu, permintaan hanya menurun sedikit,” ujar produsen yang telah berkecimpung di bisnis ini selama belasan tahun.

Di kalangan konsumen maupun para pengecer, APE produk Dusun Kunden sudah melegenda, bahkan terkenal hingga luar Jawa. Sugiharto menceritakan pengalamannya saat merantau ke luar Jawa untuk memasarkan produk ini. “Mainan apa ini, kok begini,” katanya menirukan tanggapan warga saat awal promosi. Dirinya beserta warga lainnya berusaha keras untuk mengenalkan jenis mainan yang merangsang kreativitas anak ini kepada para guru TK dan orangtua.

Usaha itu tidak sia-sia. Saat ini, APE memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat Kunden. Rezeki terus mengalir tak ada henti-hentinya. Banyak permintaan yang datang, baik dari kota di seputar Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, hingga luar Jawa. “Mereka sudah percaya, bahwa produk mainan Kunden bagus. Ada orang dari Sumatra ke Klaten, langsung ke sini,” imbuhnya.

Source http://www.solopos.com http://www.solopos.com/2011/05/05/kunden-pusat-produksi-alat-peraga-edukatif-96265
Comments
Loading...