Kerajinan Alat Sangrai Kacang Karya Mahasiswa ITS

0 152

Kerajinan Alat Sangrai Kacang Karya Mahasiswa ITS

Masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan kacang untuk menjadi berbagai bahan makanan seperti selai, kue, sambal atau olahan lain. Namun kacang kerapkali diolah dengan alat konvensional yang memiliki banyak kekurangan.

Kondisi ini menginspirasi lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk merancang sebuah alat sangrai kacang otomatis yang diberi nama Go War Machine.

Go War Machine bikinan Arif Rachman Hakim, Andhika Bagus Alfian, M Nafis Ismail, Aprilia Dini Rosani, dan Putri Norma Aprilia R ini diklaim mampu menghasilkan produk kacang dengan kematangan merata dan waktu yang lebih efisien.¬†Menariknya, alat sangrai ini menggunakan teknologi smart grid, dengan ‘bahan bakar’ berupa tenaga yang dihasilkan dari panel surya (solar panel) yang dipasang di atap rumah atau tempat usaha.

Panel ini telah terkoneksi dengan automatic transfer switch yang sudah terhubung dengan jaringan listrik PLN.

“Output-an dari automatic transfer switch akan menyalurkan energi listrik ke motor induksi yang selanjutnya memutar mesin,” papar Arif.

Arif juga menjelaskan jika alat sangrai konvensional memiliki beberapa kekurangan, seperti pekerja harus berada dekat dengan alat atau terpapar asap dari pembakaran bahan bakar arang dan kayu sehingga berisiko tinggi terserang penyakit paru kronis yakni Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), dibandingkan pekerja dengan bahan bakar listrik dan gas.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4172769/mahasiswa-its-rancang-alat-sangrai-kacang-otomatis-untuk-umkm
Comments
Loading...