Kerajinan Alat Upakara Berlapis Mozaik Kerang Di Tabanan

0 321

Kerajinan Alat Upakara Berlapis Mozaik Kerang Di Tabanan

Mozaik sebagai seni perpaduan kepingan-kepingin membentuk gambar dikreasikan dengan melapisi berbagai macam alat-alat yang digunakan dalam menaruh upakara. Adapun alamat lengkap Mozaik Hindu Bali berada di jalan Raya Alas Kedaton, Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Kecamatam Marga, Kabupaten Tabanan. Adapun ide kreatif itu ditampilkan Mozaik Hindu Bali pimpinan I Made Wintara berkat binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tabanan di Pesta Kesenian Bali (PKB).

Adapun hasil kerajinan yang ditampilkan pada pameran yang berlokasi di bagian selatan tepatnya di stan Dekranasda Kabupaten Tabanan meliputi bokor, pecanangan, bogem, gandek genta, dulang, keben. Semua alat-alat pelengkap upakara itu dilapisi dengan potongan-potongan kerang hingga membentuk gambar yang indah.

“Cara membuatnya kerang yang besar dibentuk dulu kemudian dipotong, digosok dan diamplas baru ditempel membentuk mozaik,” terang Wintara. “Satu kerajinan bisa memerlukan waktu tiga hari, dan pengerjaannya pun mengunakan produksi rumahan dengan kerajinan tangan,” ungkapnya.

Source Kerajinan Alat Upakara Berlapis Mozaik Kerang Di Tabanan Kerajinan Alat Upakara Berlapis Mozaik Kerang Di Tabanan
Comments
Loading...