Kerajinan Alumunium Di Sulawesi Tenggara

0 177

Kerajinan Alumunium Di Sulawesi Tenggara

Kalangan pengrajin furnitur dari bahan aluminium di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, mengalami kesulitan modal dalam mengembangkan usaha.

“Untuk mengembangkan usaha kami terkendala modal kerja, sedangkan berbicara prospek usaha ini sangat menjanjikan karena masyarakat Kota Kendari mulai melirik furnitur dari bahan aluminium dibandingkan dengan furnitur yang terbuat dari kayu,” kata Wawan, seorang pengrajin di Kendari.

Hal senada juga disampaikan pengrajin lain, Sukur, bahwa kerajinan furnitur dari aluminium adalah usaha produksi yang mulai diminati masyarakat Kota Kendari, baik bagi kebutuhan perkantoran, usaha perdagangan dan rumah tangga.

“Kami hanya terkendala modal, karena harga bahan yang dibutuhkan mahal, terlebih lagi ongkos produksi naik seiring dengan kenaikan tarif dasar listrik secara bertahap,” ujarnya.

Untuk menarik konsumen, para pengrajin aluminium selalu mengutamakan kualitas barang dalam bentuk kerapihan hasil kerja dan memberikan garansi satu tahun untuk engsel dan kunci.

Furnitur dari bahan aluminium berupa lemari etalase jualan, rak buku, lemari pakaian, rak piring, lemari gantung, partisi ruangan, lemari hias, kusen jendela, pintu dan meja kantor. Dijual dengan harga variatif, tergantung desain dan keinginan konsumen.

Kelebihan produk aluminium, diantaranya tahan dari lapuk, bentuk lebih minimalis, desan bisa sesuai dengan permintaan pelanggan, dan mudah untuk dibersihkan.

Usaha kerajinan tersebut jika dikelola dengan baik dapat menyerap tenaga kerja, sehingga mengurangi jumlah penganguran dan mensejahterakan pelaku usaha dan karyawannya.

Source http://www.beritasatu.com/ekonomi/209571-pengrajin-furnitur-aluminium-di-kendari-kekurangan-modal-usaha.html http://www.beritasatu.com/ekonomi/209571-pengrajin-furnitur-aluminium-di-kendari-kekurangan-modal-usaha.html
Comments
Loading...