Kerajinan Angklung Di Ciamis

0 240

Kerajinan Alat Musik Angklung

Kerajinan alat musik tradisional angklung rupanya telah menjadi usaha yang menjanjikan. Bahkan, di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Kampung Nempel RT 02/07 Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, warganya terlibat aktif dalam memproduksi angklung.

Sebanyak 40 kepala keluarga (KK), menjadikan kerajinan angklung sebagai andalan untuk kehidupan ekonomi keluarga. Geliat produksi kerajinan angklung di Kampung Nempel ini sendiri dirintis warga setempat bernama Mumu Alimudin. Ada yang berbeda angklung Mumu dengan produksi lainnya, yaitu angklung Nempel bercorak batik.

Ini menjadi ciri khas angklung Ciamis, dari kekhasan tersebut angklung Ciamis ini sebenarnya sudah lebih dulu di kenal oleh sejumlah negara, seperti India, Singapura, dan Malyasia. “Jika melihat ada angklung dengan motif batik pada bambunya maka sudah bisa dipastikan jika angklung tersebut produksi Ciamis,” kata Mumu.

Proses Pembuatan Angklung

Proses pembuatan angklung sendiri, kata Mumu, cukup mudah, jika sudah ahli dan tahu penyetelan nada dari setiap angklung. Pertama, terangnya, bahan baku, yaitu bambu dijemur, kemudian dipotong-potong sesuai dengan nada yang diperlukan. Kemudian dicuci, lalu diberi corak batik, selanjutnya dirakit dan diikat, dipernis.

Proses terakhir, yaitu dipajang selama 1 hingga 3 hari agar kualitasnya lebih baik. Barulah setelah itu angklung siap dipasarkan. “Memang prosesnya terlihat mudah, namun perlu kejelian dan kemampuan menyetelkan nadanya. Ada tahapan-tahapan tertentu agar suara angklung bisa tepat dengan nada yang diinginkan,” katanya.

Source Kerajinan Angklung Di Ciamis Kerajinan Angklung Di Ciamis
Comments
Loading...