Kerajinan Anyaman Bambu Di Lamongan

0 281

Kerajinan Anyaman Bambu Di Lamongan

Pengrajin anyaman bambu yang dulu banyak ditemui di Dusun Sekaran, Desa German, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, saat ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Beberapa puluh tahun lalu hampir semua penduduk Dusun Sekaran, berprofesi sebagai peganyam bambu.

Sepinya permintaan anyaman bambu disebabkan maraknya terpal buatan pabrik, yang dimanfaatkan untuk menjemur padi. Anyaman bambu sekarang tidak lagi dipakai untuk atap maupun dinding rumah. Masyarakat, sudah beralih menggunakan tembok atau papan triplek. Padahal, harga jual anyaman bambu relatif murah. selembar anyaman bambu ukuran 2 kali 3 meter, hanya Rp 50 ribu.


Salah satu pengrajin bambu yang masih bertahan, Suip, menjelaskan, sepinya permintaan anyaman bambu mulai dirasakan pengrajin dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. apalagi, bahan baku utamanya yakni bambu, sekarang sangat sulit dicari,

“Ini karena akibat penebangan besar besaran untuk kebutuhan pembangunan perumahan maupun bangunan bertingkat lainnya,” terang Suip.

Meski lesu peminat, pengrajin anyaman bambu yang tinggal segelintir ini tidak berhenti berkarya. Mereka masih menaruh harapan kepada masyarakat yang membutuhkan anyaman bambu, agar tradisi nenek moyang tetap eksis di tengah majunya teknologi.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=59984
Comments
Loading...