Kerajinan Anyaman Bambu Karya Difabel Di Blitar

0 93

Kerajinan Anyaman Bambu Karya Difabel Di Blitar

Sebuah kelaurga difabel di Kabupaten Blitar harus berjuangan dengan kerasnya jaman, untuk memenuhi kebutuhan hidup. Agar dapat menyambung hidup, keluarga ini berjualan anyaman bambu hasil karja kerasnya keliling desa.

Dia adalah Jumain warga Desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, yang setiap hari harus bergulat dengan bambu. Ditenggah keterbatsan fisiknya, tidak ada kata menyerah untuk terus bekerja, setiap hari Jumain membantu suaminya, Ahmad Kholil untuk membuat anyaman bambu.

Jumain bertugas memotong bambu, sedangkan suaminya bertugas membuat sayatan bambu hingga menjadi pipih. Tidak berhenti  memotong bambu, Jumain juga harus menganyamnya meski ia tidak memiliki jari, layaknya orang normal.

Setiap hari, mereka hanya mampu menghasilkan 2 anyaman bambu. Anyaman bambu ini mereka jual Rp 7 ribu hingga Rp  30 ribu, tergantung besar dan kecil ukuranya.

Ahmad Kholil juga memiliki keterbatasan fisik, sehingga harus tidak dapat beraktifitas normal seperti orang lain. Bahkan untuk berjalan pria 58 tahun ini harus dibantu dengan kayu penyangga, untuk memopang badannya.

Usai membuat anyaman, pasangan yang sudah dikaruniai 2 anak ini keliling kampung untuk menjajakan anyaman bambu hasil karyanya. Tidak banyak rupiah yang mereka hasilkan, karena tidak setiap hari orang membutuhkannya.

Bahkan mereka harus rela berjalan keliling kampung, demi menyambung hidup dengan berjualan anyaman bambu. Uang Rp 15  ribu setiap hari, sudah menjadi berkah bagi mereka untuk dapat mempertahankan hidup.

Meski keduanya memiliki keterbasatan fisik, namun hasil karnyanya tidaklah kalah dibandingkan dengan orang normal pada umumnya. Bahkan, warga sekitar juga membeli anyaman bambu pada Ahmad Kholil dan Jumain jika sedang membutuhkan.

Ahmad Kholil dan Jumain dikaruniai 2 anak, namun mereka memilih tinggal di luar daerah bersama keluarganya usai menikah. Meski memiliki keterbatasan fisik, mereka tidak mudah menyerah, untuk terus berjuang.

Source http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=72093&&top=1&&ktg=J%20Mataraman&&keyrbk=Peristiwa&&keyjdl=disabilitas http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=72093&&top=1&&ktg=J%20Mataraman&&keyrbk=Peristiwa&&keyjdl=disabilitas
Comments
Loading...