Kerajinan Anyaman Bilik Bambu Di Cianjur

0 535

Kerajinan bilik asal Kampung Pameungpeuk, Desa Cijedil Kecamatan Cugenang ternyata tidak hanya dipasarkan disekitaran Kecamatan Cugenang saja. Banyak diantaranya yang dijual keluar wilayah kecamatan, bahkan ada yang sampai diluar Kabupaten Cianjur.

Pemilik usaha anyaman bilik bambu mang Uya menyebut, bahwa bilik produksinya kebanyakan dijual keluar wilayah Kecamatan Cugenang. Bahkan ada pelanggannya yang datang dari luar Cianjur untuk dibuatka anyaman bilik.

Ia menyebut, dalam membuat anyaman bilik ada dua jenis yang dibuat untuk dijual yakni kulit dalam dan kulit luar. Kalau kulit dalam harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan kulit luar.

Cara membuat anyamannya pun berbeda. Biasanya untuk bilik bambu hitam dianyam bermotif kotak-kotak. Sedangkan dari bambu biasa anyamannya standar. “Sebenarnya tergantung pesanan, mau dianyam seperti apa bisa dilakukan,” tandasnya.

Dalam pembuatan bilik dari kulit luar atau hinis, kendala yang ditemui saat terjadi musim penghujan. Banyak bambu bahan bilik yang tidak kering saat dilakukan penjemuran. “Kalau tetap dianyam, hasilnya tidak maksimal. Bilik akan berwarna gelap, dan itu banyak tidak disukai,” paparnya.

Kualitas anyaman bilik asal Kampung Pameungpeuk kata Pudin tidak diragukan lagi. “Kalau kualitasnya sangat bersaing, bahkan cukup baik. Sehingga banyak yang memburunya, tidak hanya dari Cugenang, tapi juga dari luar Cugenang. Kita berharap bilik Pameungpeuk ini bisa lebih dikenal lagi,” ungkapnya.

Source Kerajinan Anyaman Bilik Bambu Di Cianjur Kerajinan Anyaman Bilik Bambu Di Cianjur
Comments
Loading...