Kerajinan Anyaman Di Bone Bolango

0 212

Kerajinan Anyaman Di Bone Bolango

Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah yang luas dengan beribu-ribu pulau yang menjadikannya satu, oleh karena keuntungan dari segi pelayaran menyebabkan kebudayaan indonesia sangatlah unik karena banyaknya pertukaran budaya yang dihasilkan. Keindahan kerajinan indonesia terbentuk dari pencampuran potensial lokal dan budaya luar negeri. selama jangka waktu 4000 tahun. Kerajinan indonesia terus berkembang baik dari segi kegunaan, jenis, desain, dan kualitas hasil kerajinan indonesia yang akhirnya menjadi bentuk indonesia.
Kerajinan Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 4 kategori, yaitu :
1. Kerajinan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan spritual
2. Kerajinan dibuat atas kebutuhan masyarakat
3. Hasil kerajinan sebagai pemenuh kebutuhan kehidupan sehari – hari.
4. Hasil kerajinan sebagai pasokan untuk berdagang.
Dapat kita ketahui bersama bahwa Program dan Kegiatan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menumbuh kembangkan Industri Kecil dan Menengah baik dibidang kerajinan, pangan maupun furniture. Dimana pada saat ini para pengrajin mintu sudah tidak begitu banyak lagi, sehingga pada kesempatan ini Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Gorontalo melaksanakan Pelatihan Kerajinan Anyaman Mintu pada Kamis s/d Sabtu tanggal 27 s/d 29 Juli 2017 bertempat di Pertanian Terpadu Binaan Bank Indonesia Desa Huluduotamo Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kegiatan ini dilaksanakan guna untuk menghasilkan para ikm yang bergerak dibidang kerajinan khususnya kerajinan anyaman mintu dengan menghadirkan instruktur yang memiliki pengalaman dalam kerajinan Mintu yaitu Bapak Jamaludin Ahmad. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Pelatihan Kerajinan Anyaman Mintu ini dapat diterapkan dengan baik oleh para peserta sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluarga maupun desa.
Source http://www.diskumperindaggorontaloprov.com http://www.diskumperindaggorontaloprov.com/berita-pelatihan-kerajinan-anyaman-mintu-di-suwawa.html
Comments
Loading...