Kerajinan Anyaman Kain Sutra Di Tasikmalaya

Young woman working on a hand operated loom, Sukarara, Lombok, Indonesia
0 292

Kerajinan Anyaman Kain Sutra Di Tasikmalaya

Jajang Pegiat Usaha Tenun Sutera di Kampung Sindangharja Desa Sukaresik Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat memulai Ceritanya kepada Saya Ketika dia dijumpai disebuah Rumah yang dijadikan olehnya sebagai Tempat Membuat Tenunan Kain Sutera diwilayah Desa Sukaresik Wilayah Desa setempat.

Menurut Jajang, bahwa “Sebetulnya, Kain Sutera yang diproduksi disini biasanya di Pesan oleh Pemesan khusus diwilayah Kota lain (Luar Tasikmalaya) setelah itu, biasanya para Pemesan Kain Sutera itu menjualnya kepada Peminat dengan Merk Toko atau nama lainnya dengan cara memberikan Mark (bubuhan) “Made In” Kota si Penjual, buka Made In Jajang Sukaresik misalnya atau Made In Tasikmalaya, misalnya” Pengusaha Muda yang mengaku baru setahunan memproduksi Tenunan Sutera.

Bila dibahas lebih lanjut lagi tentang Pengclaiman Nama Daerah dan Nama perusahaan yang memproduksi Kain Sutera tersebut Jajajang menyebutnya hal itu perlakuan usaha “Ironis dan Sadis” Namun tentang hal  itu diapun mengaku tidak berdaya karena menurutnya belum tertatanya “Payung Hukum yang baik dan benar” terutama Perlindungan Hak Cipta yang bisa diandalkan dengan cara menyandingkan aturan Perda (Peraturan Daerah)  yang juga menurut dia bisa lebih cepat mengatasi persoalan yang telah terjadi tersebut.

Lebih lanjutnya dia menyebutkan bahwa hal tersebut sebetulnya tidak ada Halangan yang berarti bagi Bisnis Kain Tenun Sutera yang hanya mengandalkan satu buah mesin Tenun  di Rumahnya tersebut.

Namun diapun menyampaikan ungkapan (unek-uneknya) apabila “Nyingkron” dengan Tujuan dan Ucapan yang dia kemukakan diatas tersebut mungkin pula Akan Bisa Memicu Semangat Usaha Tenunan Sutera yang bisa menggenjot Usaha Warga Kabupaten setempat yang menurut pengakuannya Usaha ini “Sangatlah Menjanjikan Hasilnya” itu.

“Walau hanya baru 2 Orang saja Pegawai Saya, sayapun bisa menghasilkan 1000 Potong Kain Sutera Berkwalitas baik perbulannya dan Alhamdulillah Pekerja sayapun Puas dengan Hasil Kerjanya dengan Bayaran yang lumayan bisa mengatasi Kehidupannya sehari-hari sampingan dari Kegiatan usaha warga selain hanya mengandalkan usaha dari hanya menjadi buruh tani saja misalnya” Pungkas Jajang.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/aseprizal/5a0af6418325cc54ec2668a2/ada-pengrajin-anyaman-kain-sutera-bagus-juga-di-sukaresik-jamanis-tasik
Comments
Loading...