Kerajinan Anyaman Lidi Karya Napi Di Ciamis

0 287

Kerajinan Anyaman Lidi Karya Napi Di Ciamis

Sepintas bangunan itu bukan saja tak layak sebagai tempat kerajinan, apalagi sebagai tempat tinggal. Hanya bangunan petak berlantai tanah, dengan dinding bambu dan kayu, terbuka. Namun bangunan di Dusun Kubangsrai, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarmasin, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini sebagai tempat kerajinan lidi.

Bangunan itu adalah Rumah Kerajinan, milik Ny. Solihati.  Setiap hari, para pengrajin yang tergabung dalam rumah kerajinan lidi Karya Mandiri ini, bisa memproduksi paling sedikit tujuh ribu piring anyam lidi, tergantung bahan baku yang tersedia.

“Kini ada sekitar kurang lebih 70 orang perngjarin yang tergabung dalam kelompok tersebut, , sebagian besar mereka masih berusia anak sekolah,” tutur Solihati ketika menerima rombongan Heri Solehudin Atmawidjaja, seorang pengusaha sukses putra daerah dan Direktur Ciputra Grup.

Dengan membantu membuat piring lidi, anak sekolah di kampung ini bisa mendapat penghasilan untuk memenuhi biaya kebutuhan sekolah dan uang jajan.

“Setiap orang setiap harinya bisa membuat piring lidi hingga 100 – 200 buah,tergantung bahan baku yang tersedia,” jelas Solihati.

Solihat, menambahkan, selain menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar, dirinya juga bekerjasama dengan Lapas Banjar, untuk memberdayakan para narapidana untuk dilatih keterampilan membuat kerajinan dari bahan baku lidi tersebut

Heri Solehudin Atmawidjaja, mengaku takjub melihat keberadaan Rumah Lidi yang mampu menciptakan Lapangan Kerja.  Hasil karya tangan-tangan terampil, masyarakat didaerah ini, yang sudah bisa membuat anyaman lidi menjadi piring, tempat lampu, tempat air, nampan, dan lain-lain.

“Ini merupakan hasil karya yang memiliki nilai jual dan seni, seharusnya bisa dikembangkan.UKM anyaman lidi ini, harus lebih dikembangkan, bahkan pangsa pasarnya harus sudah diekspor ke luar negeri.”

Source http://www.cendananews.com http://www.cendananews.com/2017/07/intip-rumah-lidi-yang-berdayakan-anak-sekolah-dan-napi.html
Comments
Loading...