Kerajinan Anyaman Nipah Di Banyuasin

0 384

Kerajinan Anyaman Nipah Di Banyuasin

Masyarakat yang berada di Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, tidak asing lagi dengan tumbuhan nipah. Sebab selama puluhan tahun, masyarakat yang di daerah tersebut memanfaatkan nipah untuk dibuat kerajinan.

Salah satunya Nuryati. Dirinya mengaku sudah sekitar 30 tahun membuat kerajinan nipah sebagai sumber penghasilan. Berbagai kerajinan mampu ia buat mulai dari tampak, senik, wadah buah, sangkek dan lain sebagainya,

“Usaha ini sudah turun temurun dari ibu saya, diteruskan ke saya dan saat ini anak saya juga terlibat. Nipah bisa dibuat berbagai macam kerajinan,” ujar dia. Dia mengatakan, untuk membuat satu kerajinan dari nipah diperlakukan waktu selama 30 menit. Mulai dari pengayaman hingga menjadi sebuah bentuk bermacam – macam kerajinan.

“Hasil kerajinan ini akan saya jual ke toko – toko yang ada di pasar di Palembang, dan kepada wisawatan yang berkunjung ke daerah ini serta ,” tuturnya,

Masih kata dia, untuk penjualan tidak mengalami kesulitan. Hanya saja dirinya kesulitan bahan baku lantaran lamanya pengiriman bahan baku nipah dari Sungsang, Kabupaten Banyuasin.

“Pengrajin nipah di kawasan ini memang memasok nipah dari daerah Sungsang yang dikirim melalui jalur sungai. Jadi kalau air sungai sedang ‘pasang’ butuh waktu lama untuk pengiriman,” ujar dia.

Sementara, Tri Sukma Dewi Oktavia selaku PUP TRG Sumsel mengatakan, nipah merupakan tumbuhan yang hidup dalam ekosistem hutan mangrove. Biasanya tumbuh di daerah rawa air payau atau daerah pasang surut di dekat pantai dan biasanya membentuk komunitas murni yang luas.“Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memang tengah gencar dalam program restorasi gambut karena banyak sumber kehidupan yang tumbuh di daerah ini salah satunya nipah,” jelas dia.

Dia menambahkan, pihaknya gencar mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pemanfaatan nipah. “Kita beri pendampingan kepada masyarakat khusunya warga daerah 3 – 4 Ulu ini, karena nipah sangat berlimpah di daerah kita. Jadi harus dibantu apa yang jadi kesulitan mereka dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menambah daya tarik wisatawan,” ungkap dia.

Source http://www.globalplanet.news http://www.globalplanet.news/berita/2285/dongrak-perekonomian-masyarakat-dan-diminati-wisatawan
Comments
Loading...