Kerajinan Anyaman Pandan Laut Di Bangka Barat

0 266

Kerajinan Anyaman Pandan Laut Di Bangka Barat

Pandan laut atau ‘pandanus tectorius’ banyak terdapat di pesisir dan selama ini tidak termanfaatkan masyarakat, sementara di Pulau Jawa sudah dieksploitasi untuk kerajinan. Untuk iut Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, perlu mengoptimalkan pemanfaatan pandan laut sebagai bahan baku kerajinan, kata Kepala Bagian Ekonomi, Pembangunan dan BUMD Pemkab Bangka Barat Ahmad Yahya.

Pandan laut atau yang biasa disebut masyarakat setempat dengan mengkuang memiliki nilai ekonomi tinggi dan cukup diminati pasar internasional, jika mampu diolah menjadi barang-barang kerajinan dan bisa berguna untuk meningkatkan ekonomi daerah. Jenis kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan baku ini seperti produk tas, kursi, keranjang, meja, almari, tikar dan lainnya.

Dengan inovasi dan kreatifitas diharapan nilai perdagangan produk ini dapat mencapai miliaran rupiah dan menampung ribuan tenaga kerja dari usaha kerajinan ini.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dapat segera bekerjasama dengan masyaarakat melakukan sosialisasi tentang bahan baku ini yang memiliki nilai jual dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada diungkapkan Retno Widiastuti di Muntok, menurutnya Pemkab setempat perlu memperhatikan potensi besar yang dimiliki tersebut, dengan menggandeng masyarakat untuk mengolah menjadi bentuk baru, mengingat pertanian di daerah itu dinilai kurang layak untuk menopang kesejahteraan petani.

Perlu upaya berbagai pihak untuk mentransformasikan masyarakat petani menjadi masyarakat industri kecil yang memanfaatkan potensi alam sekitarnya dengan sentuhan tehnologi sederhana namun memiliki nilai jual tinggi.

Retno yakin, jika upaya tersebut dilakukan serius dan terus menerus maka ke depan ekonomi kreatif akan mampu menopang kesejahteraan masyarakat setempat. Menurutnya, industri kecil kreatif ini tidak hanya menyediakan lapangan pekerjaan sebagai perajin saja, namun di situ juga melibatkan pedagang, pengepul, ekportir, usaha transportasi, ekspedisi, administrasi dan lainnya.

Sebagai langkah menuju ke arah itu, pemkab harus berani memulai dengan menggandeng pihak-pihak berkompeten untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kerajinan kepada masyarakat, selanjutnya menggandeng perusahaan yang ada untuk dijadikan rekanan atau bapak angkat para perajin sampai mereka benar-benar mandiri.

Jika sektor ini dijalankan dengan didasari komitmen bersama, diharapkan akan banyak terserap tenaga kerja di dalamnya dan masyarakat Bangka Barat akan mandiri dan sejahtera dengan sendirinya.

Source http://beritadaerah.co.id http://beritadaerah.co.id/2013/12/26/pemanfaatan-pandan-laut-bagi-industri-kecil-di-kabupaten-bangka-barat/
Comments
Loading...