Kerajinan Anyaman Pandan Tradisi Endatu Aceh

0 169

Kerajinan Anyaman Pandan Tradisi Endatu Aceh

Anyaman pandan merupakan salah satu tradisi endatu yang tidak boleh dilupakan, meski dewasa ini sudah banyak tikar berbahan plastik dan karpet, namun anyaman tikar pandan Aceh mempunyai seni tradisi yang khas dan digemari oleh masyarakat nasional dan international. Di Kabupaten Aceh Timur, agar pengrajin anyaman tikar pandan tidak pupus ditelan kemajuan zaman, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh, bekerjasama dengan Dekranas setempat, mengelar pendidikan pelatihan peningkatan diverfikasi produk kerajinan anyaman pandan, bagi 20 ibu-ibu di Desa Alue Dua Muka ‘O, Kecamatan Idi Rayeuk, selama lima hari sejak 7 April 2016. Acara dilaksanakan di Kantor Sekretariat Dekranas Aceh Timur.Acara itu ditutup oleh Kadis Perindag, Pertambangan, Koperasi & UKM, T. Reza Rifki, SH, MSi dan turut didamping oleh Drs. Nazir Abbas selaku pengurus Dekranasda Aceh bidang pengembangan. T. Reza berterima kasih banyak kepada Dekranas Aceh yang telah melaksanakan pelatihan di daerahnya

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dekranas Aceh yang telah melaksanakan kegiatan ini dan hasil selama mengikuti pelatihan ini dapat diterapkan dan dikembangkan oleh para perajin, sehingga kualitas dan keanekaragaman produk kerajinan Aceh Timur dapat lebih meningkat di masa mendatang,” harapnya, seraya mengatakan, lewat kerajinan pandan ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Sementara Drs. Nazir Abbas mengatakan, lewat pelatihan ini nantinya akan menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi ibu-ibu dan adik-adik pengrajin di Desa Alue Dua Muka ‘O, khususnya. “Sehingga ke depan dapat mengembangkan kreasi-kreasi produk baru anyaman berbahan pandan dalam bentuk suvenir bagi masayarakat Aceh Timur dan luar Aceh, “ pungkas Nazir Abbas.

Dikutip dari pandanaceh.blogspot.co.id, daun pandan dalam dalam bahasa Aceh disebutkan seuke yang merupakan bahan baku yang digunakan dalam membuat kerajinan anyaman. Dahulu, anyaman pandan ini hanya digunakan untuk membuat tikar saja, namun kini berbagai macam barang dapat dihasilkan dari anyaman pandan ini.Anyaman pandan ini banyak ditemui di Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Timur dan kabupaten Aceh Utara. Sekarang ini banyak lembaga sosial maupun dinas pemerintah lokal yang peduli akan prospek usaha kerajinan anyaman pandan ini sehingga banyak melakukan pelatihan bagi pengrajin/ masyarakat lokal mengenai model maupun jenis yang bisa dibuat dari anyaman pandan.

Source https://www.goaceh.co https://www.goaceh.co/artikel/nasional/2016/04/12/ibu-ibu-jangan-lupa-anyaman-pandan-tradisi-endatu-aceh
Comments
Loading...