Kerajinan Anyaman Rotan Di Solok Selatan

0 273

Kerajinan Anyaman Rotan Di Solok Selatan

Rotan merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia, termasuk di Sumbar. Meski tak seluas di Kalimantan, Sulawesi atau Jawa, namun produksi rotan Sumbar mampu menghidupi masyarakat daerah ini yang merintis usaha di bidang furniture dari rotan.

Seperti di Solok Selatan. Beberapa masyarakat setempat yang menekuni usa­ha perabotan dari rortan, sempat mengalami masa jaya. Salah satunya adalah Usaha Anyaman Rotan Ar­ben. Usaha rumahan ini memproduksi aneka produk olahan berbahan baku rotan.

“Kualitas dari ragam produk rotan yang diha­silkan, tidak perlu diragu­kan Karena produk anya­man Arben telah menem­bus pasar mancanegara,” kata Zulfiati, wanita paruh baya yang melan­jutkan usaha suaminya seba­gai pengrajin anyaman rotan di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Kenagarian Koto Baru, Solok Selatan.

Namun sejak sang suami meninggal dunia, usaha yang dirintis pada 1997 itu sedikit meredup. Zulfiati mengaku terkendala modal dan pemasaran produk. Pi­hak­nya berharap bantuan pemerintah untuk men­dongkrak usaha anyaman miliknya.

Jenis produk yang diha­silkannya antara lain, kursi, meja, ayunan bayi, keran­jang, dan produk lainnya sesuai pesanan konsu­men. Sedangkan bahan baku di­pe­roleh dari hasi kekayaan alam yang ada di Solsel, tepatnya di Kenagarian Alam Pauh Duo. Harga yang ditawarkan beragam dan tergantung tingkat keru­mitan pengerjaannya.

“Harga produk anya­man rotan itu beragam. Harga makin mahal jika tingkat kesulitan penger­jaannya tinggi,” terang Zul­fiati.

Dikatakan, perabotan anyaman rotan dapat ditem­patkan dalam setiap sudut rumah. Keberadaannya tak kalah menawan dibanding produk berbahan kayu atau sofa modern. Dari produk rotan itu, penghuni  rumah akan merasakan sensasi yang luar biasa, dengan kesan alami dan klasik yang ditimbulkannya.

Seperti kursi tamu dan kursi teras berbahan rotan. Penghuni rumah dan para tamunya serasa diajak me­nikmati kesan klasik tempo doeloe. Begitu pula kursi teras, bersantai sambil me­nikmati secangkir kopi ditemani aroma khas rotan yang menyeruak dari kursi.

Ada pula tempat tidur berbahan rotan yang meng­hiasi kamar Anda. Rasakan suasana yang tercipta. Di­leng­kapi dengan hiasan ke­rajinan dari rotan lainnya, seperti penutup lampu ti­dur. Suasana kamar juga bisa dipercantik dengan hiasan dinding berbahan rotan.

Selanjutnya dipan dari rotan. Bisa menempat­ka­n­nya di mana saja, bisa di ruang keluarga, di kamar, teras atau halaman bela­kang. Furniture dari rotan juga cocok dikombinasikan dengan perabotan dari bahan lain, seperti kayu, jati jepara dan besi.

“Sedangkan ayunan bayi, menjadi pelengkap hiasan rumah, terutama bagi mereka yang baru punya momongan,” katanya.

Source https://www.harianhaluan.com https://www.harianhaluan.com/news/detail/48335/tawarkan-kesan-alami-dan-klasik
Comments
Loading...