Kerajinan Sapu Sourgun Di Purbalingga

193

Kerajinan Sapu Sourgun Di Purbalingga

Siapa sangka Sapu buatan Bambang Triyono yang berasal dari desa Karanggambas RT.03 RW.01 Kecamatan Padamara pemasarannya sampai menembus ke manca negara. Tidak sembarangan sapu sampai bisa menembus ke manca negara kalau tidak memenuhi kualitas yang super. Kelihatannya sepele, namun sapu buatan Bambang Triyono bukan sembarang sapu.

Di Purbalingga banyak para pengrajin sapu yang membuatnya kebanyakan berasal dari bahan baku pohon glagah yang banyak ditanam di daerah perbukitan seperti glagah arjuna. Kalau sapu yang berasal dari bahan baku glagah sudah banyak yang membuat, namun sapu buatan Triyono bahan bakunya berasal dari pohon Sourgun Hermanda atau dalam bahasa Indonesianya pohon gandum.

Batang buah gandum setelah gandumnya dibuang, kemudian tangkainya dijemur. Untuk membuat satu sapu dikumpulkan puluhan tangkainya kemudian diikat dengan tambang plastik kecil yang dianyam agar lebih kuat dan kelihatan lebih rajin dan rapi. Kemudian ujungnya agar lebih kelihatan rapi disisir sehingga kelihatan lebih halus.

Dalam usahanya Triyono mempekerjakan beberapa orang, 1 pekerja dalam satu hari bisa mengerjakan sampai 20 sapu, dalam satu hari Triyono bisa memproduksi ratusan sapu. Harga satu buah sapu dijual 1,5 dollar kepada pembeli (buyer), namun di Negara tujuan ekspor harganya dijual sampai 5 kali lipat lebih. Penjualannya dilakukan ke negara; Korea, Taiwan, Jepang, Malaysia, Pakistan dan India. Triyono mampu menjualnya sampai 1-2 kontainer atau kurang lebih 15 sampai 30 ribu sapu sourgun.

Untuk pemasaran sapunyanya Triyono tidak merasa kesulitan, karena para pembeli (buyer) siap membeli dalam jumlah berapapun. Saat ini bahan baku sapu diperoleh dari daerah sendiri ditambah dari daerah Semarang dan Demak bahkan Triyono sempat merasa kekurangan bahan bakunya. Dalam pemasaran sapu sourgun langsung kepada Buyer yang ada di luar negeri, tidak melalui perantara (broker), sehingga tidak mengalami hambatan.

Triyono tidak hanya membuat sapu yang bahan bakunya berasal dari sourgun saja, namun dia juga membuat sapu yang bahan bakunya berasal dari glagah arjuna, lidi kelapa dan lidi sawit dsb. Penasaran dengan Sapu Sourgun-nya Triyono silahkan menghubungi CV. Rayung Pelangi phone 082312173720, WA 082134294629, email Triyono [email protected]

Source http://dinkopukm.purbalinggakab.go.id http://dinkopukm.purbalinggakab.go.id/2017/11/sapu-sourgun-hermanda-triyono-tembus-manca-negara.html
Comments
Loading...