Kerajinan Aqua Scape Di Tuban

0 287

Kerajinan Aqua Scape Di Tuban

Seorang pria asal Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menekuni kerajinan seni pembuatan tanaman dalam aquarium, atau biasa disebut Aqua Scape. Dalam sebulan ia dapat meraup omzet hingga puluhan juta rupiah. Pemasaran kerajinan langka ini hingga Sumatra, Kalimantan, sampai Papua. Aqua Scape hasil karya Nanang Istiawan, warga Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Tuban, Jawa Timur, kelihatan indah sekali. Bahkan melalui Aqua Scape atau seni menata tanaman di dalam aquarium hasil karyanya ini, nanang berhasil memindahkan benda-benda hidup, ke dalam aquarium, mirip bentuk asli di alam. 

Hobby bapak dua anak ini, berawal saat dirinya ingin merubah isi atau tampilan aquarium, agar benar – benar hidup, dengan semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Saat ia berpikir, lalu mencoba eksperimen dengan memasukkan tumbuh tumbuhan hidup dan bebatuan, ke dalam aquarium.
Sementara untuk pasir hitam dan silica, Nanang mendatangkan dari Malang. Untuk tumbuhan hias, tidak semua tumbuhan bisa hidup di dalam aquarium. Nanang pun telah menyiapkan, dan melakukan pembibitan secara alami dirumahnya, untuk nantinya dibuat tanaman hias dalam aquarium. Pengrajin Aqua Scape, Nanang mengungkapkan untuk sebuah Aqua Scape, dirinya membutuhkan waktu satu hari dalam pengerjaannya, tergantung kerumitan dan kesulitan yang dialami. Setelah semua bahan dimasukkan dan ditata dalam aquarium, barulah aquarium ini diisi dengan air.
Setelah terisi dengan air, maka terlihatnya Aqua Scape ini persis bentuk aslinya dialam. Untuk menambah keaslian dan kehidupan didalam aquarium ini, Nanang juga mengisinya dengan ikan atau makhluk hidup lain.
Pelanggan Aqua Scape karya Nanang, saat ini sudah sampai pelosok Indonesia, mulai dari Sumatra, Kalimantan, hingga Papua yang dijual melalui online. Aqua Scape termurah dipatok dengan harga Rp 500 ribu, hingga Rp 800 ribu. Namun yang termahal hingga Rp 20 juta per aqua scape, tergantung kerumitannya. Melalui usaha mandirinya ini dalam satu bulan, pria lulusan STM ini, berhasil meraup omzet hingga puluhan juta rupiah
Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=32965
Comments
Loading...