Kerajinan Art Glass Di Solo

0 198

Kerajinan Art Glass Di Solo

Mintorogo, warga Jalan Gang Bunyu Dua, Kauman, Pasar Legi, Kota Solo, adalah salah satu perajin Art Glass.

Sebelum menekuni bisnis art mirror ia pernah bekerja sebagai layanan advertising di Jakarta dan Solo. Lantaran banyak pesaing dan makin menjamur bisnis periklanan, dia banting setir bisnis seperti usaha bapaknya.

“Kalau bapak saya lebih ke produk artnya. Sementara saya semi art dan latar belakang pendidikan ekonomi. Dengan demikian, bagaimana saya bisa berkarya dan bisa terus laku,” katanya.

Agar terus lestari, Mintorogo pun setiap tahun dia menggelar pelatihan dan kursus. Saat ini sudah ada dua orang terdiri satu dari Jepara dan satu dari Banyuwangi dari hasil didikannya.

Mintorogo tak menyangka art glass (kerajinan kacanya) menjadi salah satu sovenir pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi).Ia masih mengingat pertengahan September 2017, keluarga Presiden Jokowi mendatangi Sangaji Art Glass, tempat usahanya.

Mintorogo pun memberikan beberapa contoh yang dimiliki dan dibawa Ani. Seminggu kemudian, dia dipanggil ke Graha Saba Buana lalu diminta membuat kotak perhiasan segi enam dan segi empat. Tak hanya itu, sebut Mintorogo, dirinya juga diminta membuat kotak cincin dan nampannya. Untuk motif pada lukisan kaca berupa motif batik parang, kawung, sekar tanjung, sidomulyo.

Dari permintaan itu, dia mencoba mengaplikasikan dalam bentuk suvenir dengan motifnya kawung dasarnya coklat dan isiannya warna putih. Namun setelah dikoreksi tidak jadi menggunakan motif kawung. Lalu dipilih motif walet, dedaunan, bunga, serta kaca flora.

Dari semua itu, lanjut Mintorogo, akhirnya dibentuk suvenir kaca perhiasan berbentuk segi empat ukuran 4 x 10 cm dan segi enam 12 x 11 cm. Jumlah pesanan sebanyak 500 buah dengan rincian masing-masing suvenir 250 buah.

Source Kerajinan Art Glass Di Solo Kerajinan Art Glass Di Solo
Comments
Loading...