Kerajinan Ayakan Beras Sistem Kipas Angin Di Karawang

0 522

Kerajinan Ayakan Beras

Sekarang banyak pengrajin ayakan yang mulai gulung tikar, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat seorang pengrajin ayakan beras yaitu Beni Iskandar, seorang pengrajin ayakan beras yang masih bertahan sampai saat ini, yang berada di Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan. Menurutnya kalau masih ada sawah dan padi di Karawang ini atau di wilayah Indonesia ini, pasti masih memerlukan ayakan beras ini.

“Yang terpenting agar kegiatan usaha ayakan berasnya ini bisa bertahan lama, saya tidak boleh berhenti memasarkan produknya. Karena kalau saya hanya mengandalkan pembeli datang, tidak aktif menawarkan langsung. Bisa-bisa pekerja ayakan berasnya tidak makan”¬†ujar Beni. Untuk memasarkan produk ayakan berasnya ini dia juga memanfaatkan media internet, jadi pemasaran bisa nasional bahkan international.

Produk unggulan Beni adalah Ayakan Beras kepala (slyp) sistem blowers/fun/kipas angin. Yang membedakan produk ini dengan produk sejenis lain adalah: Ayakan Beras sistem kipas selain berfungsi sebagai pemisah beras utuh/kepala dengan beras patah/menir, ayakan ini juga mampu membersihkan beras dari dedak kasar/halus yang tersisa saat proses penyosohan beras. Juga mampu membersihkan beras dari kotoran dan kutu yang timbul saat penyimpanan beras dalam jangka waktu lama.

Untuk harga tergantung jenis ayakannya, mulai dari Rp 1.200.000,- /unit, sampai ada yang Rp 3.000.000,- /unit, bedanya biasanya dari ayakannya, ada yang dari ayakan besi, ada juga yang dari stainless steel tergantung permintaannya.

Source Kerajinan Ayakan Beras Sistem Kipas Angin Di Karawang Kerajinan Ayakan Beras Sistem Kipas Angin Di Karawang
Comments
Loading...