Kerajinan Badik Di Makassar

0 392

Kerajinan Badik Di Makassar

Badik merupakan senjata tradisional khas masyarakat Bugis dan Makassar. Badik memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung dari daerah badik itu berasal. Badik Makassar memiliki kale (bilah) yang pipih, battang (perut) buncit dan tajam serta cappa’ (ujung) yang runcing, sementara Badik Bugis Kawali Bone memiliki bessi atau bilah yang pipih, ujung runcing dan bentuk agak melebar pada bagian ujung, sedangkan kawali Luwu memiliki bessi pipih dan berbentuk lurus.

Pradana, pengrajin badik mengatakan harga dari sebuah badik tergantung keistimewaan masing-masing badik. Berkisar antara Rp 500.000 hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Karena menjadi simbol harga diri, senjata badik tidak mudah berpindah tangan, kecuali sebagai warisan bagi keturunan sang pemilik.

Saat ini, keberadaan pembuat badik semakin berkurang seiring surutnya minat generasi muda dalam melanjutkan warisan keahlian membuat badik.

Source https://www.republika.co.id https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/11/03/mvp1o7-badik-senjata-khas-masyarakat-bugis-makassar
Comments
Loading...