Kerajinan Bahan Anorganik Di Magelang Tengah

0 157

Kerajinan Bahan Anorganik Di Magelang Tengah

Aneka kerajinan tangan tertata rapi di meja para peserta pelatihan membuat suvenir berbahan limbah anorganik, kemarin. Pelatihan selama tiga hari tersebut, mampu menghasilkan berbagai kerajinan. Seperti hiasan bunga, tas, bros, gantungan kunci, telapak piring, dan banyak lainnya.

Kesibukan juga tampak di beberapa sudut ruangan. Bahkan, di luar ruangan, sejumlah peserta tampak sibuk menjahit aneka macam bungkus makanan berbahan plastik. Mereka menyulap plastik-plastik itu menjadi barang bernilai ekonomis.

“Seneng bisa punya ilmu baru, pengalaman baru juga. Saya jadi pengen bikin-bikin kerajinan seperti ini di rumah. Bisa saya tularkan juga dengan tetangga-tetangga,” kata peserta pelatihan, Rini Uhaiyi, warga Poncol, Kecamatan Magelang Tengah.

Pelatihan diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Magelang. Tempatnya, di aula dinas. Tujuan pelatihan, sebagai upaya pembinaan industri kecil menengah (IKM), dalam memperkuat jaringan klaster industri.

Sejumlah instruktur didatangkan. Latarbelakang instruktur pun ibu-ibu rumah tangga kreatif. Melalui pelatihan, peserta diharapkan mau mengikuti jejak kesuksesan sang instruktur.

“Kami ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para peserta dalam pengolahan limbah anorganik. Sehingga dapat dijadikan suatu benda yang bermanfaat dan bernilai seni,” kata Kepala Bidang Industri Diskoperindag Kota Magelang, Siti Aisyah, kepada Jawa Pos Radar Kedu.

Aisyah menyampaikan, pelatihan diikuti 20 pemilik IKM. Mereka tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) Anggrek Jaya. Sedangkan instrukturnya, Tri Wahyuni dan Endarsih Perminiati dari Kabupaten Magelang.

“Selama tiga hari ini, kita membuat banyak ragam kerajinan yang terbuat dari bahan anorganik. Seperti botol, bungkus plastik makanan, pipet, dan masih banyak lagi,” kata sang instruktur, Tri Wahyuni.

Perempuan 48 tahun itu berharap, ilmu yang diperoleh para peserta, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, limbah anorganik yang dibuat menjadi kerajinan, bisa menambah income rumah tangga. “Lingkungan kita jadi bersih karena menyelamatkan dari pencemaran limbah plastik, tapi bisa menghasilkan uang juga.”

Source http://radarsemarang.com http://radarsemarang.com/2015/03/27/sulap-limbah-anorganik-jadi-kerajinan/
Comments
Loading...