Kerajinan Bahan Limbah Karya Santri Di Yogyakarta

0 375

Kerajinan Bahan Limbah Karya Santri Di Yogyakarta

Ruang Pusat Studi dan Produksi Kaligrafi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tampak ramai pengunjung. Di dalamnya terpampang banyak sekali karya dari berbagai jenis, mulai dari kaligrafi, lukisan, sketsa wajah, aneka tas, piring buah, tempat air mineral gelas, hingga sandal. Tapi siapa sangka jika sebagian di antara karya yang ada di ruangan itu adalah hasil dari daur ulang sampah. Pada Pameran Karya Seni Santri se-Yogyakarta tersebut, banyak ditampilkan barang-barang yang merupakan hasil pemanfaatan barang-barang bekas.

Pameran Karya Seni Santri se-Yogyakarta bertajuk “Ekspresi SyiART Santri untuk Negeri” ini merupakan sebuah acara pameran berbagai macam karya seni santri yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain memamerkan seni kaligrafi, lukis, dan fotografi, pameran itu juga memamerkan karya santri yang berasal dari bahan daur ulang.

Di tangan para santri, plastik kresek yang biasanya digunakan sebagai pembungkus dijadikan tas, sandal, dan bunga imitasi yang menarik. Begitu juga dengan kulit jagung yang berubah menjadi bunga unik. Ada lagi gelas plastik bekas air minum yang bisa berubah menjadi piring dan tempat air mineral cantik.

Muhammad Arif Siswanto, Lurah Pondok pesantren Al Luqmaniyyah mengungkapkan jika pameran karya seni santri ini diselenggarakan untuk menampilkan banyaknya potensi yang ada pada diri santri. Hal itu dilakukan karena hingga saat ini, potensi yang dipunyai oleh santri masih kurang diketahui oleh masyarakat umum. Padahal banyak sekali bakat para santri pesantren yang tak juga kalah dengan bakat yang ada di luar pesantren.

Dengan adanya pameran ini, kata Arif, Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah ingin menegaskan jika berkarya seni juga bisa menjadi bagian dari syiar para santri. “Tema SyiART ini merujuk pada syiar Islam dan seni yang jika dipadukan akan menjadi sebuah dakwah yang cukup mengena di masyarakat,” katanya.

Pada pameran yang bekerjasama dengan Pusat Studi dan Produksi Kaligrafi UIN Sunan Kalijaga dan Forum Santri Pecinta Lingkungan tersebut, ditampilkan 100 lebih karya dari para santri berbagai pondok pesantren di Yogyakarta seperti Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah, Pondok Pesantren Al Munawir, Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Pondok Pesantren Nurul Ummah, dan berbagai pondok pesantren lain di Yogyakarta.

Source https://www.brilio.net https://www.brilio.net/news/simsalabim-santri-jogja-ubah-sampah-jadi-kerajinan-dan-seni-unik-151216y.html
Comments
Loading...