Kerajinan Baju Adat Di Desa Ngengor

0 159

Kerajinan Baju Adat Di Desa Ngengor

Di Sidoarjo, ada sebuah dusun yang khusus membuat berbagai baju daerah. Menjelang Kartinian, order para pengusaha ini meningkat dua kali lipat seperti yang dialami Siti Ulfah. Kondisi rumah Siti Ulfah, Dusun Ngengor, Desa Becinengor, Wonoayu bagai kapal pecah.

Meski berantakan, barang-barang yang berserakan ini adalah bagian-bagian dari berbagai jenis pakaian adat seluruh Nusantara.

“Begini ini kalau dekat Kartinian. Rumah berantakan. Tapi saya bersyukur banyak pesanan,” kata Ulfah si empunya rumah.

Mau pakaian adat daerah manapun ada tersedia. Bahkan, Ulfah pun bisa membuat baju adat negara lain, seperti Malaysia, India, Jepang, dan lainnya, namun pesanan terbanyak tetap baju-baju adat Nusantara.

Menggeluti usaha ini, tuturnya, Ulfah dan warga sekitarnya ingin menawarkan sesuatu yang berbeda. Enam tahun sudah ia dan belasan warga lainnya menggeluti usaha ini.

Menurutnya, usaha pakaian adat tetap akan ada peminatnya tak hanya untuk Kartinian, tapi juga untuk event-event wisata ataupun acara-acara kedaerahan.

“Kalau bikin baju-baju biasa kan banyak. Kalau yang khusus pakaian adat agak jarang. Makanya kami khususkan membuat ini,” kenangnya.

Hampir semua daerah di Indonesia memesan baju adat di desanya. Namun memang, pemasaran terbanyak berada di Jatim dan Jateng.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2016/04/18/mengintip-usaha-pembuatan-baju-adat-di-dusun-ngengor-sidoarjo
Comments
Loading...