Kerajinan Baju Lukis Wayang Di Malang

0 350

Kerajinan Baju Lukis Wayang Di Malang

Kekayaan tradisi yang terus digali tidak akan pernah ada habisnya, begitu juga dengan kelompok usaha House of Ranya yang ada di kawasan Perumahan Griya Shanta Kota Malang. Dengan banyak mengeksplorasi keindahan seni wayang kulit, kelompok yang diisi tiga pelukis wanita ini saat ini makin eksis.

Salah satu pelukis House of Ranya, Herawati Agusriantini mengungkapkan House of Ranya didirikan oleh tiga orang wanita. Selain dirinya juga Nurul Churriyah dan Iryani Hastika yang sama-sama tinggal di kompleks Perumahan Griya Shanta.

“Kelompok lukis kami sudah berdiri sejak 1 Mei 2012 dengan memproduksi aneka baju lukis. Dulu kami banyak melukis berbagai motif bunga dan hewan, namun sejak enam bulan terakhir banyak fokus ke tokoh wayang,” jelas Ira, panggilan akrab Herawati Agusriantini.

Ira menjelaskan, kelompoknya sengaja melukis wayang karena sangat cinta dan ingin selalu melestarikan tradisi bangsa yang sangat luar biasa. Menurutnya lukisan wayang banyak digemari masyarakat sehingga prospeknya ke depan masih sangat bagus.

“Wayang juga memiliki  banyak sekali nilai-nilai mulia yang diajarkan. Melalui baju lukis wayang yang kami buat kami ingin menunjukan ke publik bagaimana luar biasanya budaya bangsa,” terang Ira.

Dari sekian banyak wayang yang dilukis, disampaikan oleh Ira jika pembeli banyak tertarik membeli karakter tokoh Srikandi. Untuk harga dibuat beragam sesuai dengan bahan yang dipakai dan tingkat kesulitan dalam melukis, mulai dari Rp 180.000 sampai dengan Rp 250.000.

Baju lukis koleksi Ranya dilukis di baju berbahan sifon, katun maupun satin. Selain banyak diminati pembeli dalam negeri, baju lukis buatan Ranya banyak juga dibeli orang luar negeri. Selain bisa didapat di Galeri of Ranya di Griya Shanta, baju lukis keluaran Ranya juga bisa dibeli di butik di Hotel Atria.

Untuk menjaga kualitas produk yang dibuat seperti halnya sejak pertama berdiri, House of Ranya hanya ditangani oleh tiga orang yaitu Ira, Nurul Churriyah dan Iryani Hastika. Selain menyediakan baju lukis, jilbab dan hijab lukis, di House of Ranya juga melayani lukisan di baju dengan tarif Rp 65.000 ke atas bergantung pakaian yang dilukis.

Source https://mediacenter.malangkota.go.id https://mediacenter.malangkota.go.id/2017/01/house-of-ranya-eksplorasi-baju-lukis-berkarakter-wayang/
Comments
Loading...