Kerajinan Bambootronic Di Jakarta

0 260

Bambootronic

Pagar adalah salah satu produk yang terbuat dari bahan dasar bambu. Tapi sayang memiliki nilai ekonomi yang sangat rendah. Kami dari ambootronic mampu menyulap bambu jadi produk ekonomi yang bernilai tinggi.

Zainullah, perintis & pemilik Bambootronic, “Tahun 95 sampai 2008 profesi saya itu teknisi. Jadi saya reparasi elektronik, saya punya bengkel di Jakarta ketika itu. Maka terpikirlah ketika itu bambu. Bagaimana kalau bambu saya bikin produk elektronik. Jadi amplifier misalnya, dari radio. Bukan menjual elektroniknya, tapi menjual handicraft nya.”

“Produk bambu tronik itu, semua itu dari saya. Mulai dari konsep desain sampai ke produk jadi. Akhirnya kemudian kan tidak mungkin ketika seluruhnya harus saya yang mengerjakan. Maka saya pilarkan ke beberapa santri, alhamdulillah sampai hari ini sudah 5 orang dengan berbagai macam latarnya.”

Syaifudin, karyawan pemasaran Bambootronic, “Dalam perjalanannya, kami pun membuat barang tidak hanya audio dari bambu. Saat ini kami sedang mengerjakan pesanan bambu sebanyak 100 buah. 1 hari kami mampu memproduksi 5 buah jam dari bambu.”


Zainullah, perintis & pemilik Bambootronic, “Proses pembuatan itu terutama, bambu dipotong sesuai kebutuhan yah.” Angga, karyawan produksi Bambootronic, “Setelah proses pemotongan selesai, kita akan terus potong sampai si Bambu menjadi lingkarang seperti ini. Dan luarnya akan kita haluskan dengan mesin amplas.”

Zainullah, perintis & pemilik Bambootronic, “Sebelum masuk mesin-mesin atau kerangka elektroniknya, kita awetkan dulu Pak. Proses pengawetan itu minimal 3 hari sampai 1 minggu.” Syaifudin, karyawan pemasaran Bambootronic, “Ini adalah tahap akhir dalam pembuatan jam bambu. Pertama akan saya pasangkan mesin pada panel ini. Kita kencangkan, kita masukkan jarum. Terus kita masukkan ke dalam lingkaran bungkus. Nah, hasilnya seperti ini.”

Zainullah, perintis & pemilik Bambootronic, “Kalau pelanggan yang terbanyak itu institusi yah pak. Jadi bukan pribadi gitu yah. Ada Kampus, lsm. Akhirnya memang bukan pribadi gituh.” Syaifudin, karyawan pemasaran Bambootronic, “Untuk penjualan sendiri, saat ini kami menerima penjualan dengan sistem buy order. Jadi kita tidak ready soft.”

Facebook: Bambootronic

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/06/zainullah-perintis-pemilik-bambootronic.html
Comments
Loading...