Kerajinan Bambu Di Desa Somagede, Kebumen

0 291

Kerajinan Bambu

Dengan sentuhan kreativitas, sebatang bambu bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Warga Desa Somagede, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mampu membuktikannya. Berbagai produk aksesori dari bambu itu kini telah eksis di pasaran dunia, baik di Asia, Amerika maupun Eropa.

Tungky Ariyanto yang memiliki gagasan cemerlang dengan membuat kerajinan spun bamboo. Terinspirasi dari kerajinan asli Vietnam, Tungky kemudian membuat kerajinan dengan berbagai modifikasi. Untuk pertama kali ide itu dikembangkan di Thailand. Baru setelah usaha itu berjalan, pria asli Dusun Jerotengah, Desa Somagede, tersebut mengembangkan unit produksi kerajinan bambu di kampung halamannya.

Pada tahap awal, dia hanya membuat beberapa desain. Namun berkat terus mengasah kreativitasnya, sampai saat ini pria yang mengaku belajar desain secara otodidak itu telah memproduksi sekitar 340 desain kerajinan bambu. Desain itu terus bertambah, dan makin variatif.

Berbagai koleksinya antara lain, spoon bamboo, botanic, glow, angel, dan furnishing. Produk kerajinan itu biasa dipakai untuk dekorasi dan aksesori hotel, departemen store, hingga apartemen mewah. Produk-produk furnishing mulai dari piring, mangkok, tempat bunga, meja, hingga kursi unik.

Proses Pembuatan

Proses pengerjaannya mulai pemotongan bambu, melilit bambum sepenuhnya dilakukan secara manual. Hanya proses penghalusan memakai mesin. Karena tingkat kesulitan yang tinggi, tidak semua karyawan bisa melakukan pekerjaan meilitkan bambu yang dibelah tipis hingga menyatu dan berbentuk sesuai dengan keinginan. Agar sampai terampil dan menghasilkan kerajinan yang sesuai dengan standar internasional, seorang karyawannya harus dilatih hingga sebulan.

Source Kerajinan Bambu Di Desa Somagede, Kebumen Kerajinan Bambu Di Desa Somagede, Kebumen
Comments
Loading...