Kerajinan Bambu Di Muntok

0 158

Kerajinan Bambu Di Muntok

Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdapat untuk meningkatkan keterampilan masyarakat mengolah sumber daya alam yang dimiliki. Agus Setyadi salah satu perajin bambu.,

Ia mengatakan kegiatan fasilitasi bagi industri kecil menengah terhadap pemanfaatan sumber daya tersebut dilaksanakan selama empat hari dengan materi seluruhnya terkait pengelolaan dan pengolahan bambu sebagai bahan utama membuat kerajinan.

Menurut dia, pemanfaatan sumber daya alam terutama sumber daya hayati hasil hutan di daerah itu masih cukup minim sehingga perlu terus digiatkan agar memberi nilai tambah.


“Hasil hutan cukup melimpah dan potensial jika dimanfaatkan dengan tepat dan kreatif, kami berharap para peserta mampu menyerap materi yang disampaikan para instruktur agar lebih terampil,” kata dia.

Instruktur dihadirkan langsung dari Kementrian Perindustrian RI Badan Pengkajian, Iklim dan Mutu Industri Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta.

Menurut Agus, daerah itu memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dijadikan bahan baku dan jika dikelola dengan baik dan kreatif tidak akan kalah dibandingkan daerah lain di Pulau Jawa. Ia optimistis jika ditekuni sungguh-sungguh usaha kerajinan bambu di daerah itu akan berkembang seiring terbukanya pasar di sektor kerajinan.

Source https://babel.antaranews.com https://babel.antaranews.com/berita/55848/pemkab-bangka-barat-gelar-pelatihan-kerajinan-bambu
Comments
Loading...