Kerajinan Bambu Di Sarolangun

0 260

Kerajinan Bambu Di Sarolangun

Ditengah tumbuhnya semangat para pengrajin bambu dalam memproduksi industri kreatif, namun hingga saat ini terkendala pemasaran. Seperti yang yang terjadi dari hasil kreatifitas para pengrajin bambu Desa Desa Lubuk Bedorong, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Meski mengklaim dapat memproduksi dalam jumlah banyak dan berkualitas, namun produk yang berbahan dasar bambu hitam tersebut, belum dapat menjangkau pasar dengan baik. “Ini kita buat beragam jenis dari bahan bakunya bambu hitam, seperti asbak rokok, kotak tisu, kursi dan meja, tapi kita terkendala pemasaran,’’ungkap, salah satu pengrajin, Husin.

Dari hasil kreatifitasnya, Husin, hanya mampu menjual dengan harga murah, seperti asbak rokok hanya puluhan ribu, sementara kursi bisa mencapai ratusan ribu.

“Kita sudah pernah bawa ke galeri Sarolangun, bahkan kita minta bantuan Disperindagkop, tapi tidak ada respon, sangat lemah,’’ jelasnya.

Bukan hanya itu, ibu-ibu di Desa Lubuk Bedorong, juga tak kalah saingnya dalam hal kerajinan tangan, membuat tas dari anyaman, dan piring lidi, serta kalung Pramuka dari kulit buah kepayang.

“Lihat saja, semua ini dibuat oleh ibu-ibu di desa, tapi itulah kita pemasaran sangat lemah, terkadang kita harus pergi ke luar daerah mencari channel sendiri, bahkan kabupaten lain, juga kerja sama dengan kita, seperti Batanghari, dan Merangin,’’ pungkasnya.

Source http://jambidaily.com http://jambidaily.com/detail/pengrajin-bambu-butuh-dukungan-pemasaran/
Comments
Loading...