Kerajinan Bambu Karya PKK Desa Gondangslamet

0 188

Kerajinan Bambu Karya PKK Desa Gondangslamet

Tim Penggerak PKK Desa Gondangslamet memberi pelatihan keterampilan membuat anyaman bambu kepada ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan komoditas tanaman bambu.

Sebagai wilayah yang memiliki tanah subur, Desa Gondangslamet memang cocok untuk mengembangkan beragam jenis pertanian, termasuk tanaman berkayu seperti bambu. Tanaman bambu terbilang melimpah di desa tersebut, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, Tim Penggerak PKK Desa Gondangslamet mengajak ibu-ibu rumah tangga di desa setempat untuk memanfaatkan bambu untuk membuat beraneka kerajinan tangan.

Kaur Umum dan Perencanaan Desa Gondangslamet, Anisa mengatakan pelatihan keterampilan untuk ibu-ibu rumah tangga biasa dilaksanakan setiap bulan. Tidak hanya di tingkat desa, pelatihan itu juga digelar di masing-masing kelompok PKK tingkat rukun tetangga (RT). “Keterampilan ini sering dilombakan, terutama jika bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia pada acara tujuh belasan seperti sekarang ini,” ujar dia.

Menurut Anisa, anyaman bambu termasuk produk unggulan bernilai ekonomis yang dihasilkan dari kegiatan PKK Desa Gondangslamet. Jika dikelola dengan baik, usaha kerajinan tangan ini bisa menjadi industri ekonomi kreatif rumah tangga.

Aneka kerajinan bambu yang dihasilkan ibu-ibu PKK Desa Gondangslamet meliputi tampah, kukusan, caping, dan sebagainya. Hasil anyaman bambu termasuk mudah dijual. Setiap produk dibanderol dengan harga Rp2 5.000 hingga Rp 50.000.

“Harganya berkisar antara Rp15.000, ada juga yang Rp 25.000. Harganya macam-macam, tergantung barang yang dibeli,” kata dia.

Sistem pemasaran anyaman bambu masih manual. Produk kreasi ibu-ibu PKK ini hanya dijual di lingkungan desa. Sementara itu, bahan baku produk diperoleh dari sistem swasembada anggota PKK dan masyarakat desa setempat.

“Bahan baku bambu dari masyarakat langsung. Nanti hasilnya masuk ke kas PKK. Selain kerajinan bambu, PKK juga memiliki kegiatan rutin lainnya serperti pembuatan kue bronis dan pembuatan keripik singkong,” ujar Anisa.

Source https://gondangslamet.desa.id https://gondangslamet.desa.id/berita-2-Kerajinan.Bambu.PKK.Desa.Gondangslamet.html
Comments
Loading...