Kerajinan Bambu Unggul Di Gunungkidul

0 349

Kerajinan Bambu Unggul Di Gunungkidul

Menjadi satu-satunya produsen kerajinan bambu yang unggul di Gunungkidul tak lantas membuat Paidi, seorang warga Dusun Ngoro-oro, Desa Giriasih, Kecamatan Purwosari, Gunung Kidul berbangga diri.

Awalnya, kerajinan bamboo yang ia kerjakan yakni membuat dinding bamboo (gedhek). Beberapa orang di desanya pun sebagian juga melakukan hal yang sama, yakni membuat dinidingg bamboo. Seiring berjalannya waktu, Paidi berusaha untuk membuat sesuatu yang berbeda. Akhirnya ia memutuskan untuk belajar membuat anyaman-anyaman yang membentuk kerajinan tangan yang unik. Meskipun beberapa resiko membayanginya bahwa kerajinan tangan unik tidak memiliki pasar sebagus dinding, namun hal tersebut tak menjatuhkan niat Paidi untuk bergerak secara berbeda.

Ia rajin mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas dari beberapa kegiatan pelatihan tersebut ia sllau mendapatkan pelajaran yang dapat membuat usahanya berkembang. Akhirnya ia pun dapat menguasai beberapa tekhnik anyaman. Sehingga ia pun memberanikan diri untuk membuka pasar yang lebih luas lagi, dengan cara menawarkannya kepada para pengusaha took kerajinan atau oleh-oleh. Usahanya sedikit demi sedikit mengalami kemajuan. Namun suatu hal yang ia khawatirkan ialah jumlah pengrajin yang bekerja membantunya membuat kerajinan masih minim. Ia mengajak beberap tetangganya untuk bekerja bersamanya.

Bagi Paidi, pelatihan-pelatihan tersebut benar-benar bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas SDM. Sehingga, untuk Indonesia khususnya Gunungkidul seiring usahanya dalam meningkatkan sector pariwisata, juga haarus meningkatkan mutu SDMnya agar dapat memanfaatkan pariwisata untuk memperbaiki perekonomian.

Source Kerajinan Bambu Unggul Di Gunungkidul Paidi Eksis Kembangkan Kerajinan Bambu
Comments
Loading...