Kerajinan Barang Bekas Di Solo

0 168

Kerajinan Barang Bekas Di Solo

Perajin hiasan perabot bekas di Kota Solo, Jawa Tengah mendadak ketiban rejeki  dari gelaran Asian Games 2018 yang kini erlangsung. Mereka mendapat pesanan ratusan jenis hiasan pajangan untuk dikirim ke Palembang dan Jakarta.

Salah satu restoran di Palembang, Sumatra yang menjadi salah satu tempat perhelatan ajang Asian Games 2018 yang sudah  memesan 50 buah wajan hias, 50  ember lukis serta 50 ceret lukis. Pesanan tersebut diterima  Fairuz Ali Basir salah seorang perajin hiasan perabot bekas di Kota Solo, Jawa Tengah.

Perabot hias tersebut nantinya akan ditawarkan kepada para tamu dari negara peserta ajang Asian Games 2018 yang tengah berada dan menikmati suasana Kota Palembang.

Hiasan yang dibuat mbak Fairuz ini tak seperti kebanyakan hiasan lainnya sebab ia menggunakan bahan-bahan dari perabot bekas, namun jangan khawatir Fairuz tetap menjaga kebersihan perabot tersebut dengan mengamplas karat terlebih dahulu sebelum dijadikan media hiasan.

Limbah perabot tersebut juga dibilas beberapa kali sebelum diberi cat dasar, baru setelah itu pengerjaan kreatif dilakukan dengan menyematkan desain-desain unik.

Untuk pesanan ke Palembang, sang pemesan sendir meminta desain khusus yaitu motif bunga-bunga khas Indonesia.

Pemilihan bahan dari perabot bekas ternyata memberikan kesan artistik tersendiri, namun karena sulitnya pasokan tak jarang pemesan meminta bahan baru yang secara finansial lebih mahal.

Untuk pesanan reguler Fairuz dibantu suami dan tiga anaknya mampu mengerjakan dua hingga empat pesanan dalam sehari. Kebanyakan hiasan tersebut dipasok ke pasar barang antik Triwindu Kota Solo.

Tidak hanya kali ini saja Fairuz  mendapat pesanan ternyata ia juga pernah mengirim pesanan perabot beshias Punokawan sampai ke Jepang dan Korea Selatan, bahkan sering kali pembeli datang langsung ke rumahnya di kampung Joyosudiran Kota Solo.

Satu hiasan unik karya Fairuz dibandrol harga kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu rupiah. Harga tersebut tentu sangat sebanding dengan sulitnya proses pengerjaan manual alias handmade.

Source https://www.cakrawala.co https://www.cakrawala.co/berkah-asian-games-2018-pengrajin-barang-bekas-di-solo-juga-kebagian-pesanan/
Comments
Loading...