Kerajinan Barongan Di Kediri

0 1.579

Kerajinan Barongan Di Kediri

Bambang Sutrisno atau biasa dipanggil Mas Bambang selalu berkutat menekuni pekerjaannya, bertempat di teras depan rumahnya sebagai tempat mas Bambang beraktifitas dalam kesehariannya. Sebagai seorang seniman sekaligus pengrajin Barongan, mas Bambang begitu menikmati pekerjaan ini. Ketika kami berkunjung ke rumah beliau, mas Bambang sedang mengerjakan pesanan barongan dari tetangga desa nya.

Bagi penduduk sekitar, nama mas bambang sudah tidak asing lagi, mas bambang adalah salah satu pengrajin Barongan yang masih eksis di banaran kelurahan kediri. Mas Bambang telah menekuni pekerjaannya semenjak belasan tahun yang lalu.

Barongan untuk ukuran sedang berikut asesorisnya biasa dijual seharga 3 juta rupiah. Namun untuk ukuran besar dengan berat sekitar 20 kgharganya bisa mencapai Rp 3,5 sampai 4 juta. Sedangkan untuk reog seharga Rp 30 juta.

Barongan buatan mas bambang memanfaatkan kayu cangkring, selain bobotnya lebih ringan juga dapat tahan lama. Selain itu saat digerakkan untuk adegan caplokan bersuara lebih keras.

Berkaitan dengan perkembangan kesenian jaranan di Kota Kediri sudah barang tentu sebagai seorang seniman dan sekaligus seorang pengrajin, mas Bambang mempunyai harapan agar kedepannya kesenian ini semakin berkembang dan bisa menjadi ikon Kota Kediri sehingga secara ekonomi dapat meningkatkan pendapatan para pengarajin, pekerja seni, dan perkembangan pariwisata budaya di Kota Kediri.

Source http://dedjoem.com/ http://dedjoem.com/pengrajin-barongan-kediri/
Comments
Loading...