Kerajinan Barongsai Di Babakan Pasar

0 101

Kerajinan Barongsai Di Babakan Pasar

Menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada Senin 8 Februari 2016 memberi keberkahan tersendiri terhadap pengrajin pernak-pernik Imlek, salah satunya yakni pengrajin Barongsai.

Lili Hambali, salah seorang pengrajin Barongsai di Jalan Roda, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor mengaku kewalahan terhadap pesanan Barongsai yang meningkat tajam jelang perayaan Imlek.

“Kalau ada yang pesan harinya mepet enggak bisa saya, kewalahan. Soalnya, sudah banyak yang pesan dari Oktober,” katanya

Lili yang sudah 15 tahun menggeluti profesi sebagai pengrajin Barongsai ini menambahkan, dalam memproduksi satu Barongsai membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu pengerjaan.

“Kita cuma bisa bikin satu minggu, satu Barongsai. Segitu saya sudah punya pegawai lima orang. Kalau tambah lagi susah. Enggak sembarangan yang bisa bikinnya,” terangnya.

Sementara itu, harga satu set Barongsai sepanjang 2 meter lengkap dengan aksesorisnya seperti bulu mata, bola bulu, lampu dibanderol Rp5 juta. Sedangkan untuk Naga dengan panjang 18 meter dihargai Rp7 juta.

“Pokoknya kita jual satu set itu kepala, badan, sama celananya. Kalau untuk Naga kita jarang buat paling cuma service saja,” ujarnya.

Barongsai buatan Lili pun tidak hanya dipasarkan di wilayah Bogor. Namun, sudah merambah ke Jabodetabek bahkan hingga keluar Pulau Jawa.

“Kalau yang pesan sih kebanyakan dari sekitar Jabodebek, tapi dari luar pulau seperti Kalimantan juga pesan dari kami,” tutupnya.

Source https://news.okezone.com https://news.okezone.com/read/2016/02/05/338/1305782/jelang-imlek-pengrajin-barongsai-kebanjiran-orderan
Comments
Loading...