Kerajinan Barongsai Di Bojonegoro

0 218

Kerajinan Barongsai Di Bojonegoro

Kegiatan tahunan Imlek menjadi berkah tersendiri bagi perajin Barongsai di Kabupaten  Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka banyak menerima order dari dalam kota, luar kota bahkan luar Pulau Jawa.

Pengrajin Barongsai satu-satunya di Kota Ledre-sebutan lain Bojonegoro, Yuli Sugiharto, menyampaikan, saat ini dirinya mendapatkan pesanan yang harus dikebut untuk perayaan Imlek.

Pria keturunan Tiong Hoa yang membuka usaha di Jalan Rajawali, Kecamatan Kota Bojonegoro ini, mengaku, banyaknya pesanan dari luar Bojonegoro dikarenakan tidak banyak perajin barongsai. Sehingga, pemesanan barongsai untuk perayaan Imlek diambil dari dirinya.

“Kalau dari Kabupaten tetangga sudah langganan. Tahun ini banyak pelanggan  dari Pulau Kalimantan,” tandasnya.

Dia ungkapkan, barongsai ini sudah siap dikirim setelah melalui proses pembuatan yang memakan waktu selama seminggu. Sedangkan untuk  harga barongsai yang dijual Yuli bervariasi mulai dari Rp3 juta – Rp7 juta tergantung dari  kualitas dan bahan yang digunakan.

“Mereka yang dari luar pulau  memilih barongsai yang berkualitas dan harga tinggi  agar bisa digunakan berkali kali,” tutur Yuli.

Selain Barongsai, pria yang mengaku juga berprofesi sebagai paranormal  ini, juga banyak mendapatkan pesanan topeng serta etnik tiong hoa  untuk digunakan sebagai pernik dan perayaan Imlek mendatang. Dalam melakukan aktifitasnya ini Yuli dibantu 6 karyawan.

Source http://www.suarabanyuurip.com http://www.suarabanyuurip.com/kabar/baca/perajin-barongsai-kebanjiran-order
Comments
Loading...