Kerajinan Barongsai Di Surabaya

0 260

Kerajinan Barongsai Di Surabaya

Suka duka pedagang topeng dan kostum barongsai dari berkeliling, kini menjadi menetap di satu tempat. Sekarang pedagang sekaligus perajin barongsai ini menjajakan dangannya di lapak sederhana di Jalan Gubeng Kertajaya V Raya, Surabaya.

Salah seorang pedagang sekaligus perajin, Susana Elia Ulandri Fesik menuturkan, di musim menjelang Imlek seperti saat ini, dagangannya laris manis hingga ke pelosok negeri. Kebanyakan topeng barongsai hasil karya perajin tersebut diminati di kalangan anak-anak hingga remaja. Juga beberapa orang dewasa yang sengaja membeli untuk oleh-oleh di kampung halaman.

“Dalam sehari bisa memproduksi hingga ratusan. Tak jarang pula para tengkulak membeli hasil produksinya. Untuk harga mulai Rp 47.000–Rp 500.000, dengan berbagai macam ukuran dan motifnya,” paparnya.

Susana menuturkan, dalam sehari ia menjual barongsainya hingga puluhan, tak jarang juga ia mendapatkan pesanan untuk oleh-oleh, dan ada juga yang dijual kembali. Susana mengaku, dagangannya di bawa hingga ke Papua dan kalimantan.

Tak hanya menjual topeng barongsai saja, tetapi ia juga mendapat pesanan seperti leang-leong, kostum barongsai, dan alat musik perlengkapan barongsai. “Kadang itu ada yang pesan dari luar kota, saya disuruh buat lalu saya foto, setelah deal si pemesan datang ke rumah saya ambil pesanannya, biasanya buat oleh-oleh anaknya,” pungkas wanita keturunan Manado Belanda tersebut.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/01/22/42451/jelang-imlek-kerajinan-barongsai-laris-manis-dijual-hingga-luar-pulau
Comments
Loading...