Kerajinan Bata Dari Bulakamba

0 160

Kerajinan Bata

Musim kemarau tak selamanya membawa jadi musibah. Bagi warga Desa Bulakamba Kecamatan Bulakamba, kemarau justru dimanfaatkan untuk mengais rejeki dengan memproduksi bata merah.

Produksi bahan material itu dilakukan untuk mensiasati lahan pertanian yang kering agar lebih produktif. Meski memakan waktu cukup lama, warga mengaku tak memiliki banyak pilihan seperti bercocok tanam. Pasalnya untuk bertani tidak mungkin lantaran ketersediaan air tidak mencukupi.

Sarwid salah seorang pengrajin bata di Desa Bulakamba Kecamatan Bulakamba mengaku, membuat bata merah selalu dilakukannya setiap kali datang musim kemarau datang. Selain disimpan untuk persiapan bangunan, sebagian hasil produksinya juga untuk dijual kepada yang membutuhkan.

“Biasanya banyak yang pesan bata merah, kalau harga tergantung sistem borongan atau tidak,” katanya. Dalam pembuatan bata, yakni dirinya menyewa lahan yang tidak berfungsi. Proses pembuatan bata, sejak pencetakan hingga pembakaran rata-rata memakan waktu sekitar dua bulan untuk 2 ribu bata. “Lumayanlah daripada tidak ada yang dikerjakan saat kemarau”, ujar Sarwid. Sarwid mengaku dari pembuatan bata, dirinya bisa mengantungi keuntungan hingga 3 hingga 5 juta rupiah.

Source Kerajinan Bata Dari Bulakamba Kerajinan Bata Dari Bulakamba
Comments
Loading...