Kerajinan “Batik Adifta” Di Cirebon

?????????????
0 281

Kerajinan “Batik Adifta” Di Cirebon

Kita semua tentu mengenal batik. Batik merupakan salah satu produk fashion asli buatan Indonesia. Memiliki motif yang beragam dan nilai seni yang tinggi membuat batik Indonesia dikenal hingga ke mancanegara.

Seiring dengan perkembangan zaman, bisnis penjualan batik juga terus mengalami peningkatan. Salah satunya dialami oleh Dina Rosdiana, salah satu pemilik usaha batik khas Cirebon, Jawa Barat, Batik Adifta.

Dina menceritakan bila ia dan sang kakak, Efi Utayati adalah generasi ketiga yang melanjutkan bisnis Batik Adifta. Bisnis ini dijalankan secara kekeluargaan dan turun menurun. “Ini sebenarnya bisnis keluarga, turun temurun dari nenek saya. Saya dan kakak saya adalah generasi ketiga setelah ayah saya. Jadi dari kecil kami tuh sudah terbiasa dan sangat mengenal batik,” ungkap Dina.

Sejak kecil Dina dan Efi sudah dididik dan diajari bagaimana caranya membuat batik tulis khas Cirebon dari kedua orang tua mereka. Menurut Dina, membuat batik khas Cirebon cukup sulit terutama saat memilih motif dan warna.

“Batik Cirebon itu khasnya adalah berani bermain warna. Selain variatif, warnanya juga sangat menonjol dan terang. Lebih warna-warni dibandingkan dengan batik kota-kota lain yang warnanya itu lebih gelap, kalem dan teduh. Kalau batik Cirebon cendrung lebih terang,” tuturnya.

Karena melanjutkan bisnis keluarga, Dina mengakui bila ia tidak sama sekali mengeluarkan modal untuk memulai bisnis ini. Meski tanpa modal, justru hal itu menjadi tantangan bagi Dina. Apalagi orang tuanya telah sukses memperkenalkan Batik Adifta ke seluruh Indonesia.

Produk Batik Adifta yang paling dikenal karena memiliki ciri khas unik adalah batik tulis. Menurut salah satu pemilik usaha, Dina Rosdiana, batik tulis ini dibuat langsung oleh para pembatik lokal asal Cirebon, Jawa Barat. Karena 100% dibuat dengan tangan, harga yang dibanderol batik tulis Batik Adifta juga cukup mahal, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Source https://news.indotrading.com https://news.indotrading.com/kakak-adik-ini-raup-omzet-ratusan-juta-dari-bisnis-batik-adifta/
Comments
Loading...