Kerajinan Batik Babaran Wonogiren Di Wonogiri

0 145

Kerajinan Batik Babaran Wonogiren Di Wonogiri

Memasukki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri, sentra batik wonogiren di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah selalu kebanjiran pesanan. Para pemudik yang berasal dari berbagai kota, biasanya membeli batik wonogiren sebagai oleh-oleh.

“Biasanya banyak yang pesan untuk seragam Lebaran. Ada yang pesan kain dengan motif tertentu, ada juga yang pesan pakaian jadi,” tutur Daryono, perajin batik wonogiren sekaligus pemilik Rifky Batik. Selama Ramadhan penjualannya  meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Kebanyakan pesanan masih berasal dari sekitar Wonogiri, Solo, Boyolali, Semarang dan Yogyakarta. Sedangkan pesanan untuk oleh-oleh dari para pemudik datang dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Sumatra, bahkan Kalimantan.

Batik Babaran Wonogiren

Batik Babaran Wonogiren merupakan hasil kreasi para perajin batik di Kecamatan Tirtomoyo memberi peran nyata dalam membangun perekonomian masyarakat sekitar, dan peran tidak langsung dari aktivitas pengembangan motif tersebut adalah menjaga keberadaan batik di daerah tersebut. Peran utama masyarakat adalah harus mampu mengembalikan citra batik sebagai seni rakyat yang berkembang di kalangan masyarakat. Pada jaman dahulu Batik Wonogiren merupakan bagian dari batik Mangkunagaran yang berasal dari hasil legitimasi penguasa (raja) sebagai simbol kekuasaan.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/sejarah-batik-babaran-wonorigen/
Comments
Loading...