Kerajinan Batik Bagelen Di Purworejo

0 177

Kerajinan Batik Bagelen Di Purworejo

Motif batik tulis tradisional Purworejo, Jawa Tengah tidak jauh berbeda dengan motif yang berkembang di Yogyakarta, Solo dan wilayah selatan Jawa. Beberapa motif yang ada diantaranya kawung, melati seconthong, kopi pecah ada ukel. Tidak banyak yang meneruskan tradisi batik tulis di Purworejo dan sekitarnya. Sepini alias Mbah Sepi salah satu pembatik tradisional yang masih bertahan menekuni batik tulis di Purworejo, Jawa Tengah. Dia membatik sejak muda hingga sekarang ini.

Berbagai batik tradisional khas Purworejo telah dibuatnya. Meski ahli dalam dunia batik, namun Mbah Sepi panggilan akrabnya itu tidak tahu sama sekali jika hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Dia adalah salah satu pengrajin batik adal Dusun Gentan, Desa Malangrejo, Kecamatan Banyuurip, Purworejo yang hingga kini masih setia membuat batik tulis tradisional. Ia sudah membatik sejak tahun 1956.

Batik Bagelen

Sebuah karya agung yang ditorehkan melalui karya batik. Melalui kain batik, para pengrajin batik menggambarkan nilai-nilai filosofis yang berkaitan dengan kehidupan di Purworejo, kemudian berkembang sampai dengan motif batik kontemporer.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-bagelen-kejayaan-kebudayaan-mataram-di-purworejo/
Comments
Loading...