Kerajinan Batik Bambu Di Salatiga

0 335

Kerajinan Batik Bambu

Bambu petung merupakan tumbuhan yang biasa di temui di beberapa sudut kebun dan tegalan di Jawa Tengah. Bambu petung memiliki ciri khas yaitu tumbuh tinggi, berbatang besar dan ukuran diameternya lebih besar dari jenis bambu lain semisal bambu apus, bambu ampel, bambu ungu dan beberapa bambu lainnya.

Kawasan pedukuhan Ngablak, Kelurahan Pulutan, hampir sebagian besar warga menekuni kerajinan bambu. Aktivitas sehari-hari di kawasan pedukuhan tersebut tidak bisa lepas dari batik bambu. Hamparan batang-batang bambu yang dijemur di sepanjang jalan menjadi pemandangan yang khas. Bambu tersebut memang harus dijemur setelah dicuci dngan air dan pasir untuk menghilangkan buluh (lugut) bambu. “Warga menekuni kerajinan batik bambu ini sejak 25 tahun yang lalu.

Kalau ditekuni sungguh-sungguh bisa menjadi peluang kerja dan bisa mengurangi angka pengangguran,” ujar seorang perajin Kustono. Pemasaran produk ini sudah sampai diberbagai kota di Jawa Tengah. Semuanya berjalan lancar. Hanya saja, yang masih dirasakan menjadi kendala adalah menyangkut permodalan. Hal ini sangat dirasakan para pengrajin pada saat pemesanan meningkat.

Source Kerajinan Batik Bambu Di Salatiga Kerajinan Batik Bambu Di Salatiga Kerajinan Batik Bambu Di Salatiga
Comments
Loading...