Kerajinan Batik Bambu Di Sangihe

0 28

Kerajinan Batik Bambu Di Sangihe

Memiliki beragam sumber daya alam (SDA), Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan daerah yang masyarakatnya memproduksi olahan kerajinan berbahan dasar bambu batik, terletak di Kampung Bowongkulu Kecamatan Tabukan Utara (Tabut).

Masyarakat di sini, mempunyai keahlian dalam mengolah bambu, khususnya bambu batik untuk dijadikan berbagai bentuk kebutuhan masyarakat. Seperti halnya kursi, meja, mimbar dan lain sebagainya.

Salah satu dari pengrajin bambu batik tersebut adalah Sam Pailaha, warga Kampung BowongkuluI. Menurut dia, aktivitas pembuatan kursi dan meja sudah berlangsung semenjak lama. Bahkan tiga orang dari kakak beradik tersebut, semuanya berprofesi sebagai pengrajin bambu.

“Pekerjaan ini sudah turun temurun dari orang tua kami semenjak dahulu. Kami bersaudara tiga lelaki, semuanya bisa buat kerajinan ini. Saya sendiri tekuni pekerjaan ini kurang lebih sudah 14 tahun, semenjak berumur 20 tahun,” kata dia. Selanjutnya, menurut dia, kerajinan tersebut, khususnya meja dan kursi dijual Rp2 juta lebih, terdiri 1 kursi panjang, 1 meja dan 3 kursi kecil. “Harga dalam satu set Rp2.500.000, terdiri dari 1 kursi panjang, 1 meja dan 3 kursi kecil. Sedangkan untuk harga satuan, seperti kursi panjang (rosban) diberikan harga Rp350.000,” jelas dia.

Ketika ditanya apakah ada bantuan yang diterima dari pemerintah, Pailaha mengatakan memang selama ini ada bantuan, namun demikian warga di tempat tersebut sangat membutuhkan sosialisasi pasar, agar hasil karya mereka lebih dikenal luas. Terkait dengan laku penjualan, dia menjelaskan biasanya dalam sebulan hanya satu set. Pada Desember 2017 mereka sempat menerima banyak orderan.

“Kalau hari-hari seperti sekarang biasanya kami hanya dapat orderan satu set dalam sebulan. Tapi pada Desember lalu, dalam seminggu kami terima pesanan capai lima set dalam seminggu,” imbuhnya.

Source http://beritakawanua.com http://beritakawanua.com/berita/Sangihe/menengok-pengrajin-bambu-batik-di-sangihe#sthash.1IjFkI7T.dpbs
Comments
Loading...