Kerajinan Batik Banyumasan di Banyumas

0 147

Kerajinan Batik Banyumasan di Banyumas

Meski Indonesia memiliki banyak ragam batik yang unik, Batik Banyumasan tetap menjadi salah satu primadona. Motifnya yang unik dan warnanya yang kalem pun menarik salah satu produsen elektronik untuk menyematkan batik ini pada produknya. Alhasil, penjualan batik yang wajib dipakai oleh PNS di wilayah itu pun kian terdongkrak.

Perbedaan motif ini biasa terjadi karena motif-motif itu mempunyai makna. Bukan hanya sekadar gambar, motif mempunyai arti tertentu, sesuai dengan ajaran leluhur yang menganut agama animisme, dinamisme, atau Hindu dan Buddha. Sebagai salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai historis dan ciri khas, batik banyumasan berprospek yang cerah. Batik ini diberi nama banyumasan karena memang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. 

Para pengrajin batik di sana telah mewarisi usaha ini sejak puluhan tahun lalu. Meski pamornya sempat meredup, memasuki tahun 2000-an, batik ini kembali terkenal. Apalagi, sejak UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009, batik bayumasan juga tertular imbasnya. Darmono, perajin batik banyumasan dengan merek Batik Tulis Bu Rusmini asal Banyumas mengatakan, permintaan batiknya meningkat hingga 50% setelah tahun 2009.

Saat ini Darmono melayani permintaan sekitar 20 potong batik tiap bulan. Sedangkan kalau ada ajang pameran bisa mencapai 30-40 potong. “Setiap tahun ada tiga pameran yang saya ikuti,” ujar Darmono yang mematok batiknya dengan harga berkisar Rp 500.000-Rp 2 juta tergantung motif dan tingkat kesulitan.

Selain dukungan UNESCO, produk batik juga mendapat banyak perhatian karena dukungan dari pemda setempat. Bupati Banyumas mewajibkan para pegawai sipil daerah menggunakan batik banyumasan di hari Kamis dan Jumat untuk tetap melestarikan warisan budaya daerah itu.

Namun, menurut Darmono, momen yang paling mendongkrak penjualan batiknya adalah ketika perusahaan raksasa asal Korea Selatan, LG, menawarkan kerja sama. Motif andalan Darmono, yakni Lumbun, menghiasi produk-produk LG seperti kulkas dan mesin cuci.

Ia menjelaskan motif batik banyumasan memiliki kekhasan dalam hal pewarnaan. Batik banyumas memiliki corak warna yang tidak terlalu mencolok. Warna khasnya adalah dominan hitam, kuning serta cokelat. Ciri khas lainnya adalah motifnya terdapat di pada dua sisi kainnya alias bolak-balik.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/batik-khas-banyumas-mulai-naik-pamor-1
Comments
Loading...