Kerajinan Batik Baronggung Di Tulungagung

0 213

Kerajinan Batik Baronggung Di Tulungagung

Perajin sekaligus pelaku usaha kecil pembuatan batik berbahan kain sarung gagal produksi di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengaku kewalahan melayani permintaan pasar batik yang meningkat hingga 100 persen selama Ramadhan. “Pangsa pasarnya terlalu besar sementara kemampuan produksi kami terbatas,” kata pengusaha konveksi batik  Zaenal Arifin.

Pada hari biasa, kata dia, volume produksi batik sarung di unit usaha rumahan milik Zaenal berkisar 200-an potong. Namun memasuki bulan suci Ramadhan, lanjutnya, volume produksi naik menjadi 300 hingga 400-an potong per hari.

Menurut Zaenal, permintaan baju batik berbahan sarung ditempatnya tinggi karena tidak banyak usaha konveksi yang mampu memproduksi batik sarung seperti di rumah konveksi mereka. Batik Baronggung yang berkembang di Desa Mojosari, Kauman Tulungagung dan termasuk dalam jenis Batik Kambretan. Tidak banyak informasi tentang Sejarah Batik Baronggung Tulungagung, tetapi ada sumber yang mengatakan bahwa batik Baronggung berdiri pada tanggal 05 juni 1978. Akan tetapi saya tidak yakin hal itu, mengingat Motif Baronggung menjadi motif batik tertua di Tulungagung.

Source https://infobatik.id https://infobatik.id/batik-baronggung-tulungagung/
Comments
Loading...