Kerajinan Batik Betawi Motif Patung Tugu Hingga Penjual Kerak Telor Di Jakarta

0 341

Kerajinan Batik Betawi Motif Patung Tugu Hingga Penjual Kerak Telor Di Jakarta

Tak banyak orang mengenal beragam motif batik Betawi yang sebenarnya unik. Adapun motif kain yang paling dikenal yakni ondel-ondel. Padahal, ada banyak motif lain yang menjadi ciri khas Kota Jakarta. Warna dari kain tradisional asli Indonesia ini juga identik terang dan mencolok.

Desainer Lily Mariasari menuangkan ragam budaya, flora dan fauna, serta gedung-gedung peninggalan Batavia ke dalam kain batik. Dia bekerja sama dengan pengrajin batik yang bermukim di Tanah Betawi. “Dari zaman dulu batik Betawi sudah ada, dikenal dengan batik encim dengan motif tumpal. Tapi saya ingin mengkreasikan motif lainnya supaya budaya Betawi semakin dikenal hingga ke mancanegara,” kata Lily saat ditemui di kawasan Ramawangun, Jakarta Timur.

Tetapi sayangnya, pemerintah tidak membakukan batik encim sebagai ciri khas budaya Jakarta sejak lama. Sehingga, orang tak banyak yang mengenal kain batik dari tanah Betawi. Lily berani mengkreasikan motif batik yang cukup unik dan diminati banyak pecinta budaya tradisional. Jika desain kain batik hanya dikenal dengan motif ondel-ondel, kini Anda bisa menemukan motif lain yang kece.

“Ciri khas kain-kain saya yaitu ada motif bajaj, pedagang kerak telor, tempat bersejarah di Jakarta seperti Museum Batavia, Pasar Baru, Stasiun Kota. Ada juga monumen Tugu Monas, Patung Pancoran, Patung Selamat Datang Bundaran HI, Patung Tugu Tani juga ada,” ujarnya.

Lily yakin, dengan menciptakan motif-motif tersebut, banyak orang semakin minat untuk memiliki kain batik asli Betawi. Tak hanya itu, warna-warna dari kain juga harus diperhatikan agar daya jualnya tidak menurun. Orang di setiap negara punya selera masing-masing dalam memilih motif dan warna kain batik. Karena itu, Lily dan pengrajin batik andalannya menyesuaikan selera pangsa pasar, saat mengenalkannya ke mancanegara.

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/06/194/1770706/kembangkan-motif-batik-betawi-desainer-ini-masukkan-gambar-patung-tugu-tani-hingga-pedagang-kerak-telor
Comments
Loading...