Kerajinan Batik Ciwaringin Di Cirebon

0 256

Kerajinan Batik Ciwaringin Di Cirebon

Selama ini orang hanya mengenal batik di Cirebon yaitu Batik Trusmi, namun ternyata ada batik lain yang merupakan batik asli Cirebon yakni Batik Ciwaringin. Selain motifnya yang menarik, bahan baku pewarna Batik Ciwaringin dari bahan alami. Bahan baku Batik Ciwaringin ini dari tumbuh tumbuhan.

“Bahan bakunya dari daun, kayu dan kulit buah-buahan atau tumbuhan lainnya,” ujar Muhammad Sudjai, pengrajin Batik Ciwaringin, di Cirebon.

Menurut Sudjai, bahan baku pewarna batik ini didapatkan dari limbah pasar Dan cukup mudah baginya untuk mendapatkannya. Dan biasanya ia membayar warga untuk mencarinya di pasar. Adapun bahan yang biasanya dijadikan untuk bahan baku pewarna seperti kulit jengkol, kulit durian, daun mangga dan juga serabut kelapa.

“Kulit dan lainnya yang dibuang itu yang dimanfaatkan oleh kami, untuk dijadikan bahan baku pewarna,” kata Sudjai. Masalah harga Batik Ciwaringin ini bervariatif, tergantung dari bahan dan motifnya. Sudjai menjual koleksinya tersebut, mulai dari Rp200ribu hingga jutaan rupiah.

“Beberapa motif yang cukup dicari oleh konsumen, yaitu ganepo, tebu sekeret, ceker ayam dan ikan cupang,” tuturnya.

Penjualan Batik Ciwaringin ini sudah merambah ke seluruh nusantara. Walaupun belum ekspor, namun sejumlah turis asing, sering berkunjung ke showroomnya, untuk membeli batik Ciwaringin.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/batik-ciwaringin-berbahan-alami-dan-bermotif-unik
Comments
Loading...