Kerajinan Batik Cual Di Anambas

0 229

Kerajinan Batik Cual Di Anambas

Batik cual dengan motif khas Kabupaten Kepulauan Anambas ternyata telah merambah hingga ke manca negara.  Salah satu pengrajin batik cual Anambas bahkan masuk dalam 10 besar penghargaan entrepreneur yang diadakan di Malyasia beberapa waktu lalu.

“Batik cual dengan motif khas Anambas memang sedang gencar dipromosikan. Bahkan kemaren sempat masuk 10 besar Enterpreneur Award di Malaysia. Batik cual sendiri diproduksi oleh Mbok Lade Garam dari Kecamatan Palmatak. Mereka binaan Disperindagkop Anambas,” ungkap Kabid Industri Disperindag Kop Anambas, Yohannes.

Pria yang akrab disapa Joe ini mengungkapkan, dengan diberikannya predikat 10 besar kepada pengusaha batik cual Anambas tersebut, secara tidak langsung menunjukan pengakuan khalayak ramai mengenai produksi batik cual khas kabupaten ini.

Penghargaan tersebut juga menjadi motivasi tersendiri bagi semua pihak terkait untuk lebih memaksimalkan potensi batik cual yang merupakan warisan budaya khas kabupaten perbatasan tersebut.


Dengan bantuan dari berbagai pihak, Joe yakin bahwa batik cual akan menjadi salah satu ikon yang menjadi identitas Kabupaten termuda di Kepri ini. sehingga, batik cual bisa menjadi salah satu penarik minat wisatawan saat berkunjung ke Anambas.

Peningkatan minat masyarakat untuk mengembangkan ushaha produksi cual juga sedang digesa oleh Disperindagkop. Pasalnya, sejauh ini baru ada 2 kelompok usaha yang tertarik untuk menekuni produksi cual. Metode yang digunakan dalam produksinya adalah batik cap.

“Baru ada 2 kelompok, yaitu Lentera Anambas dan kelompok Kurnia. Sebenarnya banyak yang berminat, cuma mungkin belum termotivasi untuk memulai. Kita sudah berusaha memulai memotivasi masyarakat dan hasilnya cukup baik. Salah satunya ditunjukan oleh pak Ijal, yang merupakan salah satu calon usahawan batik tulis. Tumbuh karena ada imbas motivasi dari KUB Lentera Anambas,” paparnya.

Selain memberikan motivasi secara langsung, Joe juga berencana menggelar award untuk para penggiat usaha batik cual. Diharapkan award tersebut memacu penggiat kerajinan cual untuk meningkatkan kualitas produksinya.

Source http://haluankepri.com http://haluankepri.com/anambas/73290-batik-cual-anambas-merambah-manca-negara-.html
Comments
Loading...