Sentra Kerajinan Batik Di Depok

0 220

Kerajinan Batik

Batik tentu saja identik dengan daerah-daerah di wilayah tengah pulau Jawa. Tidak banyak yang tahu kalau di salah satu kawasan pinggiran ibukota juga memiliki batik yaitu di Kabupaten Depok, Jawa Barat. Bahkan, masyarakat depok pun belum banyak yang mengetahuinya. “Batik khas Depok, karena kita orang-orang Depok. Kita kembangkan budaya Depok lewat batik,” kata salah satu penggagas Batik Sukma di Depok, Udin 

Semua yang di bikin motif khas Depok. Seperti Topeng Cisalak. Lalu ikon Depok yang kaya dengan ikan hias neon tetra. Selain Topeng Cisalak, setidaknya ada lima motif lain yang sudah berhasil diciptakan. Batik khas Depok ini kemudian diberi nama Batik Sukma. Warnanya didominasi oleh warna khas ikon Depok yaitu belimbing, kuning dan hijau.

Uniknya, Batik Sukma bukan berasal dari para seniman batik atau desainer yang kesohor. Batik Sukma awalnya justru digagas oleh para pemuda pengangguran yang iseng tidak punya pekerjaan. Mereka kemudian mengikuti pelatihan membatik.

Pemasarannya masih dilakukan konvensional dari mulut ke mulut. Pasalnya secara segi Sumber Daya Manusia (SDM) para pengrajin batik sukma belum begitu siap. Hanya saja impian mereka untuk menjadikan batik Depok go international terus diraih.

Sedikitnya membutuhkan waktu antara 10 hari hingga 3 minggu dalam membuat batik sukma. Harga yang dibanderol antara Rp 250ribu-Rp 600ribu.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Depok Sentra Kerajinan Batik Di Depok
Comments
Loading...