Sentra Kerajinan Tas Di Kudus

0 278

Sentra Pembuatan Tas

Desa Loram Kulon. Di desa ini dan beberapa desa di sekitarnya terkenal sebagai markas para perajin tas. Bertolak dari pusat kota Kabupaten Kudus, desa ini terletak di bagian selatan. Untuk mencapainya, butuh waktu sekitar satu jam dengan kendaraan pribadi.

Berbeda dengan suasana desa pada umumnya, tak banyak sawah dan kebun di komplek para perajin tas ini tinggal. Tepatnya di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Pemukiman di desa tersebut tertata rapi. Jalanan aspal dengan lebar tak lebih dari empat meter membentang sebagai akses utama penduduk.

Ternyata tas adalah maskotnya. Desa ini memiliki ratusan pengrajin tas. Rahmat salah satunya. Sejak tujuh tahun lalu, Rahmat sudah aktif melakukan produksi dan jual-beli tas. Dari rumahnya, Rahmat mengelola karyawan untuk produksi tas anak-anak.

Rahmat sengaja membuat produk dengan target pasar di wilayah terdekat. Karena itu, ia menjual tas hasil produksinya secara keliling ke rumah-rumah hingga pasar. “Setiap lusin bisa saya jual dengan harga Rp 100.000 hingga Rp 200.000,” tuturnya.

Sudah puluhan tahun menggeluti usaha ini, Rahmat sudah menjangkau pasar ke wilayah Indonesia Timur, seperti Makassar, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu, ia juga memajang tas di tokonya yang ada di Pasar Kliwon. “Kami tidak memasok tas ke wilayah barat karena kapasitas produksi masih terbatas,” ujarnya.

Source Sentra Kerajinan Tas Di Kudus Sentra Kerajinan Tas Di Kudus
Comments
Loading...